Investasi Blok Mahakam Turun 18 Persen di 2017

Anggita Rezki Amelia
16 Desember 2016, 13:16
skk migas.jpg
www.skkmigas.go.id

Total E&P Indonesie mengurangi investasinya di Blok Mahakam sebesar 18 persen untuk tahun depan. Tahun ini anggaran dana yang dikeluarkan untuk pengelolaan blok migas tersebut mencapai US$ 1,1 miliar. Pada 2017, anggarannya dikurangi menjadi hanya US$ 900 juta.

Vice President Corporate Communication HR and Finance Total E&P Indonesia Arividya Noviyanto mengatakan jumlah investasi tahun depan bukan hanya berasal dari perusahaannya. "Termasuk yang untuk Pertamina Hulu Mahakam (PHM)," kata dia kepada Katadata, Selasa (13/12). (Baca: Pemerintah Restui Pertamina Percepat Investasi ke Blok Mahakam)

Menurut Media Relations Department Head Total E&P Indonesie Kristanto Hartadi ada beberapa faktor yang menyebabkan investasi untuk tahun depan lebih rendah dari tahun ini. Salah satunya karena berkurangnya kegiatan operasi Total di Blok Mahakam karena situasi harga minyak dunia.

Menurunnya kegiatan ini terlihat dari pemakaian rig di Blok Mahakam. Tahun ini Total menggunakan dua unit rig. Sedangkan tahun depan jumlah rig yang dipakai pada kegiatan pengeboran di Blok Mahakam hanya tersisa satu unit saja.

Tahun depan, Total juga hanya mengebor enam sumur saja. "Kegiatan perawatan sumur juga menurun,"  kata dia kepada Katadata, Jumat (16/12). 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...