Minat Investor Minim, Pemerintah Ulang Lelang Blok Migas

Anggita Rezki Amelia
20 Desember 2016, 20:07
Rig Migas Lepas Pantai Pertamina Hulu Energi
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mengulangi lelang blok minyak dan gas bumi (migas) di 14 wilayah kerja. Penyebabnya, lelang yang telah digelar sejauh ini belum memuaskan hasilnya.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM I.G.N. Wiratmaja Puja mengungkapkan, sebenarnya sudah ada beberapa penawaran yang masuk melalui proses lelang tersebut. Namun, jumlahnya tidak sebanyak yang diharapkan pemerintah. “Memang tidak menggembirakan (hasil lelang) dibandingkan tahun sebelumnya,” kata dia di Jakarta, Selasa (20/12).

Advertisement

(Baca: Setahun Terakhir, Pemerintah Gagal Gaet Investor Garap Blok Migas)

Kementerian Energi sebenarnya sudah membuat lelang tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Agar menarik, pemerintah menerapkan skema baru yaitu "open bid split". Dengan skema ini, investor dapat mengajukan penawaran bonus tanda tangan dan bagi hasil (split).

Namun, upaya tersebut tetap belum memuaskan hasil yang memuaskan. Wiratmaja mengatakan, setidaknya ada dua faktor penyebabnya minimnya minat investor melirik blok-blok migas yang ditawarkan.

Pertama, harga minyak dunia yang masih rendah. Kedua, ketidakpastian regulasi. Salah satunya adalah Peraturan Pemerintah Nomor 79 tahun 2010 tentang perpajakan migas dan biaya penggantian operasi migas (cost recovery). (Baca: Revisi Aturan Pajak dan Cost Recovery Terganjal Masa Peralihan)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement