Antam Tunjuk Wika-Kawasaki Bangun Pabrik Feronikel di Maluku

Miftah Ardhian
21 Desember 2016, 19:14
Antam
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Aneka Tambang (Persero) Tbk., akan merealisasikan pembangunan pabrik feronikel di Halmahera Timur. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini telah menunjuk konsorsium PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. dan Kawasaki Heavy Industries menggarap EPC (engineering, procurement, and construction).

Direktur Utama Aneka Tambang (Antam) Tedy Badrujaman mengatakan pembangunan pabrik Feronikel ini merupakan langkah perusahaan melakukan hilirisasi, sesuai arahan pemerintah. Pabrik ini akan mengolah bijih nikel menjadi feronikel.

Selama ini Antam mengekspor hasil tambangnya yang masih mentah. Dengan adanya pabrik ini, Antam bisa menciptakan nilai tambah dari bahan mentah hasil tambang Antam menjadi barang setengah jadi. Negara pun bisa mendapatkan nilai tambah dari hasil produksi pabrik ini.

"Kami adalah perusahaan pertambangan yang memilki wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) di daerah. Maka, di daerah tersebut wajib untuk membangun pabrik pengolahan," ujar Tedy dalam acara penandatanganan kontrak kerjasama dengan konsorsium Wika-Kawasaki, di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (21/12).

(Baca: Jonan: Freeport Harus Bangun Smelter)

Pembangunan pabrik ini juga merupakan sinergi antar BUMN untuk mendukung program pembangunan industri dengan nilai kontrak mencapai Rp 3,43 triliun. Dana pembangunan pabrik ini menggunakan Penyertaan Modal Negara (PMN) Antam yang diperoleh dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2015.

Menurut Tedy, Antam menetapkan Konsorsium Wika-Kawasaki tender kontrak EPC proyek Pembangunan Pabrik Feronikel Haltim (P3FH) berdasarkan hasil evaluasi pada 19 Agustus 2016. Evaluasi ini mencakup administrasi, teknis, harga, kualifikasi, dan verifikasi perusahaan yang ikut tender.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...