Iran Mengusik Dominasi Arab Saudi Garap Proyek Kilang Pertamina

Anggita Rezki Amelia
22 Desember 2016, 19:02
Kilang Balongan
Katadata

Dominasi Arab Saudi dalam menggarap proyek kilang minyak bersama dengan PT Pertamina (Persero) di Indonesia mulai memudar. Setelah tersingkir di proyek Kilang Tuban, Jawa Timur, oleh perusahaan asal Rusia, Rosneft, nasib serupa mengancam Arab Saudi melalui perusahaan minyak nasionalnya, Saudi Aramco, dalam menggarap Kilang Balongan di Jawa Barat.

Kemitraan dengan Pertamina di Kilang Balongan kandas karena Saudi Aramco tak kunjung menyatakan keseriusannya. Sementara Head of Agreement (HoA) atau kesepakatan awal pembentukan perusahaan patungan oleh kedua belah pihak sudah berakhir 26 November lalu. (Baca: Adu Kuat Perusahaan Minyak Arab dan Rusia di Kilang Tuban)

Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina Rachmad Hardadi mengatakan, pihaknya membutuhkan kepastian Saudi Aramco karena ingin mempercepat proses pembangunan kilang. Jika tidak dibangun segera maka kilang tersebut bisa kekurangan pasokan bahan baku.

Kilang Balongan menggunakan bahan baku nafta yang 30 sampai 40 persennya dari Kilang Balikpapan. Sementara Kilang Balikpapan juga sedang dalam proses peningkatan kapasitas dan modernisasi, sehingga nantinya tidak menghasilkan nafta. Jika Pertamina tidak cepat memodernkan Kilang Balongan maka akan kekurangan bahan baku.

Proses pengembangan dan modernisasi Kilang Balongan ditargetkan rampung akhir 2019 sampai 2020. Kini, Pertamina masih menimbang untuk membuka kesempatan mencari mitra baru menggarap kilang tersebut. Pertimbangannya adalah waktu dan aspek finansial.

Di sisi lain, jika Arab Saudi berminat menjadi mitra, Pertamina akan mengajukan syarat dan ketentuan. “Tidak tertutup kemungkinan Saudi Aramco untuk bisa bermitra kembali, tapi nanti tentunya dengan kajian dan pertimbangan yang baru,” kata Rachmad di Jakarta, Kamis (22/12).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...