Libur Akhir Tahun, Kenaikan Konsumsi Pertalite Salip Premium

Ameidyo Daud Nasution
23 Desember 2016, 19:00
SPBU
Arief Kamaludin|KATADATA

Bagai tradisi, masa libur dan cuti Natal hingga tahun baru banyak digunakan untuk melancong. Apalagi, waktunya bertepatan dengan liburan sekolah. Makin banyak orang bepergian, makin banyak juga bahan bakar yang dibutuhkan.

PT Pertamina (Persero) memperkirakan kenaikan konsumsi Pertalite diperkirakan bakal jadi yang paling tinggi pada masa liburan akhir tahun ini. Kenaikan bahan bakar dengan research octane number (RON) 90 ini diprediksi mencappai 20 persen dari normalnya, 34.480 kilo liter per hari.

Di luar Pertalite, konsumsi bahan bakar lain seperti Premium diperkirakan akan naik 7 persen. Sementara Pertamax akan naik 15 persen menjadi 33.192 kiloliter per hari. Adapun Avtur diperkirakan naik 9,7 persen menjadi 12.430 kiloliter per hari.

(Baca juga: Jaga Daya Beli, Harga Premium dan Solar Tahun Baru Tak Berubah)

Kenaikan konsumsi bahan bakar diperkirakan akan terjadi di daerah-daerah asal, tujuan dan yang dilalui pelancong. "Terutama di wilayah seperti Sumatera Utara, Jawa Tengah, Yogyakarta, Sulawesi Utara, Maluku, Nusa Tenggara Timur, serta Papua," kata Vice President Retail Fuel Marketing Pertamina Affandi dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat (23/12).

Dia menjelaskan, untuk bahan bakar jenis solar diperkirakan akan turun konsumsinya sebesar 3 persen menjadi 37.924 per hari. Hal ini dikarenakan kebijakan larangan truk pengangkut barang beroperasi dalam libur akhir tahun ini. "Hanya solar saja yang turun 3 persen," katanya.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...