Pemerintah Jamin Stok Beras Aman sampai Maret 2017

Image title
23 Desember 2016, 15:26
Beras Bulog
Arief Kamaludin | Katadata

Kementerian Perdagangan menjamin pasokan barang kebutuhan pokok aman hingga 3 bulan ke depan. Bahkan stok di tingkat distributor untuk komoditas yang tidak mudah rusak seperti beras dan gula terpantau aman hingga 4 bulan.

“Saat-saat menjelang tahun baru ini, para distributor telah menganfisipasi dengan menambah persediaan barang untuk memenuhi kenaikan permintaan” Kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di Jakarta, Jumat (23/12/2016).

Berdasarkan pantauan Kementerian Perdagangan, stok beras di Bulog di beberapa daerah dilaporkan cukup aman untuk memenuhi kebutuhan hingga Maret 2017. Stok tersebut terdiri dari stok beras miskin (Raskin) dan stok beras komersial.

(Baca juga: Jelang Akhir Tahun, Harga Bahan Pokok Diklaim Stabil)

Enggar menyatakan, di Cipinang sendiri terdapat 25 ribu hingga 30 ribu ton perputaran beras per pekan. Sementara persediaan di Bulog sendiri mencapai 1,6 juta ton untuk lima bulan. Dari sisi pengusaha, mereka mengakui minimal mesti punya stok sampai empat bulan.

Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) yang anggotaannya banyak di daerah dan Pasar Induk Cipinang misalnya, telah menjamin stok aman. “Jadi dari Desember sampai Februari aman. Mereka (pengusaha) bilang kami punya stok sampai 4 bulan aman.” Kata Enggar.

Enggar mengungkapkan pihaknya telah berkoordinasi dengan asosiasi pedagang gula indonesia. Dari para pengusaha Enggar mendapatkan kepastian bahwa stok gula konsumsi aman sampai empat bulan ke depan. “Kita juga sepakat di awal tahun harga di kemasan bisa Rp 12500 tapi kita akan jembatani produsen dengan distributor utama yang memang kuasai lebih dari 70 persen stok.”katanya.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...