Tol Cipularang Bermasalah, Jadwal Kereta Jakarta-Bandung Ditambah

Miftah Ardhian
28 Desember 2016, 13:39
Tol Cipularang
Ahmad Yunus (Katadata)

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengantisipasi lonjakan pengguna kereta dari Jakarta menuju Bandung akibat bergesernya tiang jembatan Cisomang, di Tol Cipularang. Ada enam perjalanan kereta tambahan yang disiapkan setiap hari.

Saat ini, perbaikan jembatan yang mulai dilakukan pun menimbulkan kemacetan hingga petugas melakukan sistem buka-tutup di gerbang tol. Dampaknya, arus lalu lintas warga Jakarta yang hendak berlibur ke Bandung terganggu.

"Maka kami langsung mengerahkan ada enam perjalanan tambahan Jakarta-Bandung. Karena banyak orang yang membutuhkan," kata Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu 28 Desember 2016.

(Baca juga:  Tiang Jembatan Bergeser, Truk Dilarang Melintasi Tol Cipularang)

Edi mengklaim, PT KAI akan terus mempertahankan jumlah perjalanan kereta tambahan menuju Bandung ini sampai dengan kembali normalnya arus lalu lintas akibat perbaikan jembatan Cisomang. Dirinya memprediksi, jembatan Cisomang ini akan diperbaiki dalam kurun waktu tiga bulan lebih.

Pada dasarnya, Edi mengakui adanya libur akhir tahun ini turut menyumbang lonjakan penumpang kereta api. Namun, khusus untuk ke Bandung, faktor permasalahan jembatan Cisomang menjadi yang paling berpengaruh.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...