Pemerintah Tak Sedia Dana Perbaikan Jembatan Tol Cipularang

Ameidyo Daud Nasution
24 Desember 2016, 06:00
Tol Cipularang
Ahmad Yunus (Katadata)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) memastikan tidak akan menyediakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk memperbaiki tiang Jembatan Cisomang di jalan tol Purwakarta - Bandung - Cileunyi (Purbaleunyi). Sebab, jalan tol yang biasa disebut Cipularang (Cikampek - Purwakarta-Padalarang) ini dikelola oleh perusahaan BUMN, yakni PT Jasa Marga Tbk.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra Atmawidjaja mengatakan, Jasa Marga wajib merogoh koceknya sendiri untuk memperbaiki tiang pancang P2 Jembatan Cisomang. Apalagi, perbaikan ini merupakan bagian dari standar operasi yang telah ditetapkan Kementerian PUPR.

Advertisement

"Dari kami membantu siapkan tim untuk evaluasi jembatan," kata Endra kepada Katadata, Jumat (23/12). (Baca: Tiang Jembatan Bergeser, Truk Dilarang Melintasi Tol Cipularang)

Seperti diketahui, salah satu pilar Jembatan Cisomang yang berada di kilometer 100+700 Tol Cipularang bergeser sekitar 57 centimeter. Menurut Endra, Komite Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) Kementerian PUPR sedang meneliti penyebab bergesernya tiang jembatan tersebut.

Ia mensinyalir dua faktor alam penyebabnya. Pertama, pergeseran tanah di wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Kedua, tergerusnya tiang akibat arus sungai di bawahnya yang sangat deras dalam musim hujan ini. "Apalagi ditambah beban kendaraan yang berat. Tapi kami belum bisa simpulkan apapun," kata Endra.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement