Harga Cabai Rp 250 Ribu, Darmin: Faktor Cuaca dan Pedagang Curang

Desy Setyowati
5 Januari 2017, 10:58
Cabai
Arief Kamaludin | Katadata

Sejak akhir tahun lalu, harga cabai terus merambat naik. Bahkan, di Kalimantan, harganya saat ini menyentuh Rp 250 ribu per kilogram (kg). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menilai lonjakan harga tersebut terjadi karena faktor cuaca dan praktik curang pedagang.

Menurut dia, produksi cabai berkurang lantaran di musim penghujan seperti sekarang, cabai lebih cepat membusuk. Buruknya produksi cabai juga bisa disebabkan oleh serangan hama. Kondisi tersebut dialaminya langsung karena turut menanam cabai.

Selain faktor cuaca, Darmin menduga ada praktik curang yang dilakukan oleh pedagang sehingga harga cabai melonjak tinggi. Caranya dengan menimbun pasokan cabai agar harga melonjak.

Demi mengatasi persoalan tersebut, Darmin berencana mengirim cabai dari daerah lain, terutama untuk dipasok ke Kalimantan. Untuk itu, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bakal segera berkoordinasi dengan Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

“Ini luar biasa sekali kalau (harga cabai naik) sampai sebesar itu (Rp 250 ribu per kg),” kata Darmin di Jakarta, Rabu malam (4/1). “Kalau di Samarinda naik, ya dicari jalannya, kirim dari daerah lain.” (Baca juga: Cabai dan Bawang, Penyumbang Inflasi Terbesar 2016)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...