Jonan Izinkan PLN dan Swasta Impor Gas untuk Pembangkit Listrik

Anggita Rezki Amelia
26 Januari 2017, 18:33
Pipa gas
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengizinkan impor gas bumi untuk pembangkit listrik. Tujuannya agar pembangkit listrik mendapatkan bahan baku yang murah sehingga bisa turut menurunkan harga listrik.

Menteri Energi Ignasius Jonan mengatakan, impor gas akan dilakukan oleh PT PLN (Persero) dan pembangkit swasta. “Itu saya setuju. Listrik kalau lihat harga patokan melebihi itu,” kata dia di Jakarta, Kamis (26/1). (Baca: Istana Klarifikasi Isu Kenaikan Tarif Listrik, BBM dan STNK)

Dengan impor tersebut, harapannya harga gas menjadi lebih murah sehingga bisa menekan tarif listrik. Alhasil, beban subsidi untuk listrik juga ikut berkurang karena masyarakat dapat menikmati harga listrik yang murah tanpa subsidi.

Demi memuluskan rencana tersebut, Kementerian ESDM tengah menyusun payung hukumnya. Bahkan, saat ini aturan baru tersebut sudah ditandatangani Menteri ESDM dan segera diundangkan. Jadi, ke depan, pemerintah hanya mengizinkan impor gas ketika harganya di dalam negeri lebih mahal dibandingkan luar negeri.

Mekanisme impornya akan diserahkan kepada  Kementerian Perdagangan. Gas impor tersebut juga tidak boleh dijual ke trader atau pihak perantara, jadi pemanfaatannya langsung kepada konsumen akhir. (Baca: Pemerintah Kaji Harga Gas Murah di Mulut Sumur)

Meski membuka keran impor, Jonan tetap memaksimalkan penyerapan gas dalam negeri, asalkan bisa bersaing dengan gas luar negeri.  "Kalau harganya melebihi internasional tidak bisa, nanti bisa menyandera," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...