BKPM Luncurkan Program Perizinan Investasi Tiga Jam Sektor ESDM

Miftah Ardhian
30 Januari 2017, 12:42
BKPM
Arief Kamaludin | Katadata

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) meluncurkan program pemberian layanan cepat perizinan tiga jam di sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Program yang diluncurkan bersama Kementerian ESDM ini diharapkan dapat meningkatkan investasi di sektor tersebut.

Menteri ESDM Ignasius Jonan menjelaskan, pada tahun 2016, realisasi investasi di sektor ESDM mencapai Rp 347,8 triliun atau setara US$ 26,7 miliar. Tahun ini, angka tersebut ditargetkan naik menjadi US$ 43 miliar atau setara Rp 568 triliun akan tercapai.  "Dengan program ini, kami harap target investasi tahun 2017 dapat tercapai," ujar Jonan, di Kantor BKPM, Jakarta, Senin (30/1).

Advertisement

Selain itu, Jonan juga mendorong BKPM untuk lebih proaktif dalam membantu realisasi investasi sektor ESDM setelah terbitnya izin 3 jam ini. Menurutnya, saat ini BKPM masih lebih fokus mengejar komitmen investasi, sehingga realisasinya menjadi terbengkalai.

(Baca juga:  Sri Mulyani Waspadai Dampak Penurunan Investasi Dunia)

Jonan mencontohkan, ada beberapa komitmen investasi yang telah didata di Kementerian ESDM namun terkendala perizinan di instansi lain sehingga realisasinya tertunda. Masalah ini, menurut Jonan, bisa bisa dipecahkan melalui koordinasi BKPM.  

Kemudian, Jonan juga meminta agar membentuk Standart Operation Procedure (SOP) berbasis online. "Saya sarankan bentuk tim kecil (menyusun SOP), tetapi juga masukan stakeholder industri terkait agar tau SOP yang diharapkan seperti apa," ujar Jonan.

Sementara itu, Kepala BKPM Thomas Lembong menuturkan, kontribusi di sektor ESDM sangat penting untuk mendukung pencapaian target realisasi investasi tahun ini yang ditargetkan sebesar Rp 678,8 triliun, di luar sektor hulu minyak dan gas bumi (migas). Menurut data BKPM, dalam lima tahun terakhir investasi dari sektor ESDM ini sekitar 21 persen dari total investasi yang masuk ke Indonesia.

Grafik: Jumlah Investasi 2016 Menurut Sekto
Jumlah Investasi 2016 Menurut Sekto

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement