Menteri Rini Tunjuk Yenni Andayani Jadi Plt Dirut Pertamina

Anggita Rezki Amelia
3 Februari 2017, 11:39
Rini Soetjipto
Arief Kamaludin (Katadata)

Menteri BUMN Rini Soemarno mencopot Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto. Sebagai gantinya, Rini menunjuk Direktur Gas dan Energi Baru Terbarukan (EBT) Pertamina Yenni Andayani sebagai pelaksana tugas (Plt) direktur utama di perusahaan pelat merah tersebut.

Pergantian nakhoda Pertamina tersebut diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perusahaan yang digelar di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, pukul 10.00 WIB, Jumat pagi (3/2). Selain mengganti Dwi, Rini juga mencopot Wakil Direktur Utama Pertamina Ahmad Bambang. Namun, belum ada pengganti untuk menempati posisi tersebut.

Advertisement

Penunjukan Yenni sebagai Plt Dirut Pertamina ditentukan setelah penyerahan Surat Keputusan (SK) pemberhentian Dirut dan Wakil Dirut Pertamina yang diberhentikan oleh Menteri BUMN. (Baca: Buntut 'Matahari Kembar', Dirut dan Wakil Dirut Pertamina Dicopot)

Yenni berjanji akan menjalankan amanat sebagai pengganti Direktur Utama Pertamina saat ini. Ia akan fokus menjalankan amanat yang sudah dituangkan direksi Pertamina sebelumnya pada Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2017. "Amanatnya sudah jelas bahwa kita dan teman-teman tugasnya untuk menjadi lebih solid," kata dia dalam konferensi pers, usai RUPS Pertamina.

Sedangkan Komisaris Utama Pertamina Tanri Abeng mengatakan, pemilihan Yenni sebagai Plt Direktur Utama Pertamina karena posisinya sudah senior di Pertamina. "Pemilihan Yenni karena senioritas," katanya. Tapi, posisi ini hanya sementara dan berlaku 30 hari ke depan hingga komisaris memutuskan mengangkat direksi baru.

RUPS ini dihadiri oleh sejumlah jajaran direksi dan komisaris Pertamina. Namun, dari pantauan Katadata, konferensi pers tersebut tidak dihadiri oleh Menteri BUMN, Dwi Soetjipto dan Ahmad Bambang.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement