13 Jalan Tol Masuk Daftar Tambahan Proyek Strategis Nasional

Ameidyo Daud Nasution
7 Februari 2017, 17:45
Tol Sumatera
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Foto udara proyek pembangunan jalan tol Sumatera ruas Palembang-Indralaya Seksi I, Selasa (17/1)

Pemerintah berencana menambah panjang daftar Proyek Strategis Nasional (PSN). Dari 74 proyek yang diusulkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), 19 proyek telah mendapat lampu hijau untuk masuk dalam daftar tersebut.

"Jadi surat dan dokumen sudah diterima serta disetujui (Kemenko Perekonomian)," kata Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra Atmawidjaja di kantornya, Jakarta, Selasa (7/2).

Endra mengatakan 19 proyek baru tersebut terdiri dari 13 proyek tol, 1 proyek bendungan, 4 proyek irigasi, serta 1 proyek Sistem Penyediaan Air Baku (SPAB),

Apabila dirinci proyek tersebut terdiri dari proyek tol Jawa seperti Pasuruan - Probolinggo, tol Probolinggo - Banyuwangi, tol Semarang - Demak, tol Yogyakarta - Solo, serta tol Sukabumi - Ciranjang - Padalarang. Lalu ada ruas tol di Sumatera yakni tol Sihli - Banda Aceh, tol Binjai - Langsa, tol Bukittinggi hingga Padang, serta tol Dumai - Rantau Prapat. Selain itu ada ruas tol Rantau Prapat - Kisaran, tol Lhokseumawe - Sigli, tol Langsa - Lhokseumawe, serta tol Pekanbaru - Bukittinggi.

(Baca juga:  Pemerintah Ubah Aturan Tata Ruang Demi Proyek Infrastruktur Strategis)

Untuk proyek irigasi, Endra menjabarkan proyeknya terdiri dari jaringan irigasi Leuwigoong, jaringan Irigasi Lematang, jaringan irigasi Gumbasa, serta jaringan irigasi Baliase. Lalu ada juga proyek bendungan Randangan, serta Sistem Penyediaan Air Baku (SPAB) Karian.

Nantinya, hasil revisi akan ditambahkan dalam lampiran Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. "Jadi bisa dikatakan mereka akan masuk (revisi) lampiran Perpres 3," katanya.

Grafik: Pencapaian Pengadaan Lahan Tol
Pencapaian Pengadaan Lahan Tol

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...