Akhir Maret, Pertamina dan ExxonMobil Putuskan Nasib Tiung Biru

Anggita Rezki Amelia
13 Februari 2017, 13:09
Blok Cepu
Katadata

PT Pertamina (Persero) terus berupaya memastikan pengembangan lapangan gas Jambaran Tiung Biru di Blok Cepu Jawa Timur tidak molor dari target. Hingga saat ini Pertamina masih melakukan negosiasi komersial lapangan tersebut dengan ExxonMobil.

Senior Vice President Upstream Business Development Pertamina Denie S. Tampubolon menargetkan keputusan dari hasil negosiasi akan diambil pada akhir Maret mendatang. Karena jika keputusan tersebut molor, maka produksi gas Jambaran Tiung Biru baru bisa molor dari jadwal yang telah ditargetkan, yakni pada 2020.

Advertisement

"Jadi akhir Maret bisa ketahuan kami dan ExxonMobil ketemu (kesepakatan) apa enggak. Kalau ketemu kami jalan bareng. Kami harap mudah-mudahan ketemu," kata Denie akhir pekan lalu di gedung DPR. (Baca: Pertamina Nego Hak Kelola Exxon di Lapangan Tiung Biru)

Denie mengatakan dalam negosiasi tersebut juga telah melibatkan perwakilan ExxonMobil dari Houston, Amerika serikat. Kedatangan tim ini ke Indonesia adalah untuk membicarakan negosiasi Lapangan Jambaran Tiung Biru dengan Pertamina.

Dalam pertemuan ini, terdapat beberapa opsi yang berkembang dalam pembicaraannya. Opsi ini diantaranya skema pengalihan hak dan kewajiban (farm out) yang dipegang ExxonMobil kepada Pertamina. 

Opsia lainnya adalah sole risk. Menurut Denie, dengan skema ini Pertamina bekerja sendirian pada proyek tersebut. Sebaliknya, ExxonMobil tidak melakukan kegiatan dan tidak menerima bagi hasil. Adapun dengan skema ini, Pertamina mengeluarkan investasi secara mandiri dan mendapatkan bagi hasil secara penuh.  

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement