Lebih 50 Investor Lokal dan Asing Berebut Proyek Kilang Bontang

Anggita Rezki Amelia
24 Februari 2017, 15:48
Kilang Minyak
KATADATA

Hingga kini, ada 50 perusahaan dalam dan luar negeri yang menyatakan minatnya menggarap proyek kilang minyak di Bontang, Kalimantan Timur. Padahal, PT Pertamina (Persero) baru akan membuka proses lelang proyek tersebut pada 28 Februari mendatang.

Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Rachmad Hardadi mengatakan, 50 perusahaan tersebut terdiri dari berbagai jenis mulai dari perusahaan perorangan hingga tujuh perusahaan energi kelas dunia. Bahkan, investor Arab Saudi yang akan mengunjungi Indonesia pada pekan depan juga memiliki kesempatan bermitra dengan Pertamina untuk membangun Kilang Bontang.

Advertisement

(Baca: Pertamina Tawarkan Kilang Bontang ke Arab Saudi)

Proses lelang proyek ini akan berlangsung kurang lebih selama satu bulan. Harapannya, pada 28 April mendatang sudah ada pemenangnya. ''Akhir April sudah terpilih mitra,'' kata dia dalam konferensi pers Pertamina di Jakarta, Jumat (24/2).

Setelah mendapatkan mitra, Pertamina dan mitra akan mulai melakukan proses Bankable Feasibility Study (BFS) atau kelayakan pendanaan proyek. Pertamina menargetkan proses ini bisa selesai pada awal tahun 2018. 

Pertamina berharap mitra strategis yang terpilih nantinya dapat berperan dalam pengadaan minyak dan menyiapkan pendanaan dengan baik. Mereka  wajib menyetor jaminan dana di bank nasional sebagai wujud komitmen pasti dalam membangun kilang.

Pembayaran uang jaminan itu terdiri dari dua tahap. Pertama, biaya jaminan mulai  disetor pada kuartal kedua tahun ini sebesar US$ 5 juta. Kedua, pada awal tahun depan mitra terpilih kembali melakukan pembayaran jaminan kepastian sebesar U$ 10 juta. (Baca: Dana Terbatas, Pertamina Hanya Bisa Danai 20 Persen Kilang Bontang)

Selain pendanaan, mitra juga harus  dapat memasarkan produk kilang yang tidak terserap di pasar domestik untuk diekspor ke pasar luar negeri, seperti Australia, Papua Nugini, Selandia Baru,  dan Filipina. Produksi Kilang Bontang diperkirakan sebesar 300 ribu bph, dan seluruhnya akan dibeli oleh Pertamina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement