Tiga Skema Pembelian Saham Freeport oleh Holding BUMN Tambang

Miftah Ardhian
2 Maret 2017, 13:19
Freeport Indonesia
Arief Kamaludin | Katadata

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah meminta agar divestasi saham PT Freeport Indonesia nantinya diberikan kepada perusahaan induk (holding) sektor pertambangan. Untuk itu, Kementrian BUMN telah menyiapkan tiga skema pendanaan apabila penugasan pemerintah benar-benar turun.

Deputi bidang usaha pertambangan, industri strategis dan media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno menjelaskan, proses valuasi dalam divestasi saham Freeport sebesar 10,64 persen menjadi kewenangan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Bahkan, melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 1 tahun 2017, pemerintah mewajibkan Freeport mendivestasikan saham sebesar 51 persen. 

Advertisement

"Nah nanti kalau pemerintah memutuskan di dalam PP bahwa kementerian BUMN ditugaskan untuk mengambil alih, maka kita sudah siap. Ibu menteri BUMN sudah mengirimkan surat kepada Menteri Keuangan, Menteri ESDM, menyatakan kesiapan," ujar Harry saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (2/3).

(Baca juga:  Masyarakat Adat Papua Inginkan 10-20 Persen Saham Freeport)

Sedikitnya, terdapat tiga skema yang telah disusun Kementerian BUMN untuk bisa membeli saham Freeport melalui holding pertambangan. Pertama, dengan aset holding pertambangan itu sendiri. Sebab, terbentuknya holding diyakini akan membuat asset BUMN tambang akan semakin besar hingga mampu mendanai pembelian saham Freeport.

Kedua, Harry mengatakan, holding BUMN bisa juga menerbitkan surat utang yang diyakini memiliki nilai yang tinggi. Ketiga, Kementerian BUMN juga dapat menyiapkan skema sekuritisasi aset holding pertambangan. Jika pun nilai sekuritisasi tidak terlalu besar, maka masih ada BUMN sektor lainnya yang siap membantu membeli divestasi saham Freeport.

Grafik: Penjualan Emas Freeport Indonesia 2011-2016
Penjualan Emas Freeport Indonesia 2011-2016

Namun, Harry menekankan, pihaknya masih menunggu keputusan dari pemerintah untuk menugaskan BUMN, khususnya holding pertambangan ini untuk mengabil alih saham Freeport. "Kalau oke BUMN yang ambil, kita langsung jalan, langsung negosiasi," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement