Jonan Kumpulkan Mantan Menteri ESDM Singgung Soal Freeport

Ameidyo Daud Nasution
8 Maret 2017, 15:09
Jonan
Arief Kamaludin | Katadata

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengumpulkan para menteri pendahulunya di Gedung Heritage, Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (8/3). Pertemuan yang dihadiri pula oleh Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar tersebut membahas banyak hal, termasuk masalah PT Freeport Indonesia.

Para Menteri ESDM yag hadir dari lintas generasi, mulai dari Soebroto, Kuntoro Mangkusubroto, Purnomo Yusgiantoro, hingga Darwin Zahedy Saleh. Ada pula mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang sempat menjadi Pelaksana tugas Menteri ESDM masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, yakni Chairul Tanjung.

Adapun, Sudirman Said yang merupakan Menteri ESDM sebelum Arcandra dan Jonan, tidak terlihat hadir. Namun, Sudirman sebelumnya telah bertemu dengan Jonan pada pekan lalu. (Baca: Suratnya Jadi Pegangan Freeport, Sudirman: Itu Perintah Presiden)

Pertemuan Jonan dengan sejumlah Mantan Menteri ESDM hari ini berlangsung hampir dua jam, mulai dari pukul 09.00 hingga 10.50 WIB. Usai pertemuan, Jonan menolak memberikan penjelasan. Sedangkan penjelasan hanya datang dari Chairul Tanjung. 

Pemilik Para Group ini menjelaskan pertemuan itu untuk berbagi pengalaman antarsesama Menteri ESDM dalam pengambilan kebijakan di bidang energi. Ia menyatakan, tidak secara spesifik memberikan masukan kepada Jonan.

Namun, CT panggilan akrab Chairul, mengaku sempat memaparkan pengalamannya saat menjabat dalam menangani beberapa permasalahan tambang. Permasalahan yang dihadapi pemerintah kala itu dengan PT Freeport Indonesia dan PT Newmont Nusa Tenggara (sekarang bernama PT Amman Mineral Nusa Tenggara).

"Sebagai orang yang pernah menangani Freeport, Newmont. Tentu kami sharing pengalaman yang penah ada," kata Chairul. Tapi, dia enggan menjelaskan lebih detail perihal pembahasan mengenai masalah Freeport. "Tanyakan langsung kepada Pak Menteri (Jonan)."

(Baca: Bupati Mimika: Freeport Harus Hengkang dari Tanah Papua)

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...