Temui Jokowi, WNI Pertama Bos Toyota Dukung Proyek Infrastruktur

Ameidyo Daud Nasution
13 Maret 2017, 14:55
PRESDIR TOYOTA BERTEMU PRESIDEN
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Toyota Motor Corporation Akio Toyoda (tengah depan) bersama Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Warih Andang Tjahjono (persis di belakangnya) dan petinggi Toyota, usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Ja

Komitmen Toyota Motor Corporation berinvestasi di Indonesia tampaknya semakin kuat. Salah satu indikasinya terlihat dari penunjukan pertama kali warga negara Indonesia (WNI), Warih Andang Tjahjono, sebagai Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang merupakan perusahaan manufaktur produk otmotif asal Jepang tersebut di Indonesia.

Penunjukan Warih disampaikan langsung oleh Presiden Toyota Motor Corporation Akio Toyoda saat menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/3) pagi. Dalam kunjungan tersebut, Toyoda turut memboyong Senior Managing Officer Toyota Motor Corporation, Shigeru Hayakawa; dan Managing Officer Toyota Motor Corporation, Hiroyuki Fukui. Warih, yang saat ini Wakil Presiden Direktur TMMIN, turut hadir menemui Presiden.

"Dalam pertemuan tersebut, selain membahas kegiatan Toyota di Indonesia, juga untuk memperkenalkan Warih Andang Tjahjono sebagai Presiden Direktur TMMIN," seperti tercantum dalam siaran pers TMMIN, Senin (13/3). Warih resmi menjabat bos TMMIN menggantikan Masahiro Nonami pada 1 April mendatang.

Dalam penjelasannya tersebut, Warih akan menjadi orang Indonesia pertama yang memimpin TMMIN. Selama ini, posisi tersebut selalu dijabat warga negara Jepang. (Baca: Melonjak 76 Persen, LCGC Dorong Penjualan Mobil Astra pada 2016)

Usai pertemuan dengan Jokowi selama satu jam, Warih mengaku berterima kasih atas kepercayaan tersebut. Ia memastikan TMMIN terus menjawab tantangan industri otomotif di Indonesia.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...