Kunjungi Timur Tengah, Arcandra Tawarkan Proyek Kilang Bontang

Anggita Rezki Amelia
10 April 2017, 15:34
Arcandra Tahar
Katadata

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar berkunjung ke tiga negara di Timur Tengah pada pekan lalu. Tiga negara tersebut adalah Qatar, Kuwait, dan Yordania. Dalam kunjungan tersebut, dia menawarkan peluang kerja sama dengan investor ketiga negara tersebut.

Dalam kunjungannya ke Qatar, Arcandra menjajaki kerja sama di sektor migas. Salah satu sektor investasi yang ditawarkan kepada investor negara tersebut adalah pembangunan kilang di Bontang, Kalimantan Timur. Perusahaan migas negara tersebut, Qatar Petroleum, sudah menunjukkan respons yang cukup baik terhadap tawaran ini.

Pemerintah akan mengutus PT Pertamina (Persero) untuk kelengkapan dokumen dan undangan investasi di Kilang Bontang kepada Qatar Petroleum. Ini akan menjadi tindak lanjut dari penawaran investasi pembangunan kilang Bontang, (Baca: Pertamina Buka Peluang Aramco dan Rosneft Garap Kilang Bontang)

Dalam lawatannya pekan lalu, Arcandra bertemu bilateral dengan Menteri Energi dan Industri Qatar Al-Sada, Chief Executive Officer (CEO) perusahaan migas Qatar, dan Qatar Investment Authority (QIA). Ia mengatakan, CEO QIA tertarik untuk berinvestasi di sektor migas, infrastruktur, dan komoditi di Indonesia.

"Saya mengapresiasi tingginya minat QIA untuk berinvestasi di Indonesia pada sektor usaha yang sudah established atau go public serta turut mengundang FDI (investasi langsung) Qatar pada sektor migas, khususnya bagi pembangunan kilang di Bontang dan sektor infrastruktur," kata Arcandra berdasarkan siaran resminya yang dikutip Katadata, Senin (10/4).

Selain menawarkan Kilang Bontang, Arcandra juga menyampaikan peluang kerja sama bagi Qatar terhadap proyek kilang minyak lainnya di Indonesia. Pembangunan kilang menjadi perhatian pemerintah untuk meningkatkan kapasitas pengolahan minyak dari sekitar 1 juta barel per hari (bph) menjadi 2 juta bph pada 2023. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...