Gandeng Bank BUMN, Penyaluran Subsidi Elpiji Pakai Kartu Mulai 2018

Anggita Rezki Amelia
13 April 2017, 14:50
Elpiji pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA

Pemerintah berencana menyalurkan dana subsidi elpiji tiga kilogram (kg) kepada masyarakat kurang mampu secara elektronik melalui kartu pintar mulai awal tahun depan. Untuk itu, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggandeng Bank Indonesia (BI) agar penyalurannya lebih tepat sasaran.

Kerja sama ini ditandai penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Gubernur BI Agus D.W. Martowardoyo di Gedung BI, Jakarta Kamis (13/4). Kerja sama ini perluasan dari MoU tahun 2015 tentang kerjasama pertukaran, perolehan, dan penyusunan data dan/atau informasi. 

Advertisement

Jonan mengatakan, penyaluran subsidi mulai tahun depan akan terintegrasi dengan kartu sejahtera yang dikeluarkan oleh Kementerian Sosial. Jadi, selain bisa membeli elpiji subsidi, kartu itu bisa digunakan untuk menerima subsidi dana beras miskin. Strategi penyaluran subsidi yang tepat sasaran ini bertujuan menjaga anggaran subsidi energi agar tidak membengkak saban tahun.

 (Baca: Beli Elpiji Subsidi 3 Kilo Wajib Pakai Kartu Kementerian Sosial)

Menurut Jonan, penyaluran bantuan nontunai sebelumnya juga dilakukan pada Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). "Kalau bisa 1 Januari 2018 (penyaluran subsidi elpiji). Presiden juga oke, kalau tidak bisa 1 Januari mungkin 1 Maret 2018," katanya.

Sekadar informasi,  penyaluran subsidi elpiji selama ini diserahkan kepada PT Pertamina, yang kemudian didistribusikan ke agen elpiji di setiap daerah. Namun, di lapangan masih terdapat perbedaan antara harga jual antara elpiji di agen resmi dengan yang dibeli masyarakat di warung.

Jonan khawatir, jika subsidi elpiji terus-menerus mengadopsi cara seperti itu maka anggaran untuk subsidi bakal membengkak hingga Rp 40 triliun tahun ini. Padahal, anggaran subsidi elpiji pada APBN 2017 hanya Rp 22 triliun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement