Tiongkok Raup Investasi Lebih Besar, Jokowi Kecewa Payungi Raja Salman

Ameidyo Daud Nasution
13 April 2017, 20:27
Jokowi dan Raja Salman
ANTARA FOTO/POOL/Achmad Ibrahim
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud (kedua kiri) berjalan di bawah payung saat turun hujan lebat di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ternyata menyimpan secuil kekecewaan kepada Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis Al Saud. Sambutan antusias yang diberikannya ternyata tak membuahkan hasil yang diharapkan. Investasi Arab Saudi di Indonesia jauh lebih kecil ketimbang yang mereka tanamkan di Tiongkok.

Jokowi ingat betul Raja Salman tiba di Istana Bogor saat hujan deras. Ia pun memayungi Sang Raja hingga jasnya sendiri kebasahan. Saat cuaca membaik, Jokowi kemudian mengajak Raja Salman berkeliling kompleks Istana dengan mobil golf. Jokowi sendiri yang memegang kemudinya.

Advertisement

"Sudah saya setiri dan payungi, kok dapatnya (investasi) lebih kecil. Kecewanya sedikit saja saya," kata di hadapan para santri dan ulama di Pondok Buntet Pesantren, Kabupaten Cirebon, Kamis (13/4). Dalam video yang diunggah Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, kelakar Jokowi itu pun disambut tawa hadirin.

(Baca juga: Pengusaha Arab Urungkan Rencana Investasi di Kawasan Wisata)

Jokowi mengaku sempat kaget dan gembira saat rombongan Raja Salman menandatangani investasi senilai Rp 89 triliun di Jakarta. “Tapi saya lebih kaget saat Beliau ke Tiongkok, China, Beliau tanda tangan (investasi) Rp 870 triliun, padahal saya sudah mayungi waktu hujan," ujar Jokowi. Dari Indonesia, raja Salman dan rombongannya memang melawat ke beberapa negara Asia lain, termasuk Tiongkok.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement