Teken Lima MoU, Jokowi Bangun Rumah Sakit di Afghanistan

Ameidyo Daud Nasution
5 April 2017, 20:16
Presiden Jokowi bertemu Presiden Afghanistan
Antara
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kenegaraan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/4).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kenegaraan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/4). Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin menandatangani lima nota kesepahaman yang meliputi kerja sama di bidang pendidikan, pertanian, statistik, kebijakan fiskal, serta administrasi publik.

Jokowi juga mengatakan kepada Ghani bahwa masih banyak ruang kerja sama antarkedua negara yang dapat ditingkatkan. Dua di antaranya adalah perdagangan serta pengembangan kapasitas sumber daya manusia.

Hal lain yang diungkapkan Jokowi adalah rencana kerja sama antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Afghanistan dengan KPU Indonesia. "Karena Indonesia dianggap berpengalaman menjalankan pemilihan yang dilakukan damai dan terbuka," kata Jokowi, Rabu (5/4).

(Baca juga: Di Depan Hollande, Jokowi Apresiasi Sikap Prancis Soal Sawit)

Selain itu Jokowi juga mengatakan rumah sakit Indonesia di Afghanistan akan segera dimulai pada tahun ini. Pembangunan rumah sakit tersebut akan menyusul Indonesian Islamic Center di Kabul yang telah rampung dan bisa menampung 2.500 jamaah.

Usai pertemuan, Jokowi juga membanggakan stabilitas politik serta ekonomi Indonesia yang membuat negara ini menjadi rujukan negara lain. Tercatat, dalam empat bulan belakangan ini, sudah ada lima kepala negara serta satu kepala pemerintahan yang datang mengunjungi Jokowi.

(Baca juga:  Indonesia - Arab Saudi Kaji Kemungkinan Perdagangan Bebas)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...