Tangki di Karimun Tambah 3 Hari Cadangan Operasional BBM

Anggita Rezki Amelia
17 April 2017, 13:38
tangki BBM
Arief Kamaludin|KATADATA

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar telah meresmikan tangki penyimpanan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, pada Kamis pekan lalu. Dengan beroperasinya tangki ini, pemerintah mengklaim ada penambahan cadangan ketahanan BBM dalam negeri selama tiga hari.

Tangki yang dibangun badan usaha swasta melalui PT Oiltangking Karimun tersebut mampu menyimpan BBM sebanyak 730 ribu kiloliter (kl). "Ini sama dengan penambahan tiga hari kebutuhan BBM di dalam negeri, tiga hari penambahan cadangan kita di seluruh Indonesia,"  kata Arcandra melalui pernyataan tertulisnya yang diterima Katadata, Senin (17/4).

(Baca: Cadangan BBM Akan Naik Jadi 30 Hari Pada Akhir Tahun)

Kebutuhan minyak dalam negeri saat ini sebesar 68-70 juta kl per tahun. Jumlah tersebut sama dengan 250 ribu kl kebutuhan minyak dalam sehari. 

Pembangunan tangki ini penting karena sebagian kebutuhan BBM nasional masih ditopang oleh impor. Kebutuhan minyak bumi nasional mencapai 1,6 juta barel per hari (bph), sementara produksi nasional hanya sekitar 800 ribu bph. "Ketersediaan ini adalah tantangan buat kita semua," kata Arcandra.

Mengutip dari situs Kementerian ESDM, saat ini cadangan operasional BBM mencapai 21 hari. Cadangan tersebut sepenuhnya milik PT Pertamina (Persero). Jumlahnya jauh di bawah negara-negara lain seperti Singapura yang bisa mencapai 90 hari dan Malaysia 25 hari.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...