Harga Pangan Terkontrol, Menko Darmin Berharap Deflasi Bulan Ini

Miftah Ardhian
27 April 2017, 15:50
Darmin Nasution
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution pun berharap bulan ini inflasi dapat terkontrol di level rendah, bahkan deflasi. April menjadi bulan yang krusial karena Ramadan akan tiba pada Mei, saat itu inflasi cenderung naik seiring belanja masyarakat menjelang Lebaran.

Pemerintah pun terus berupaya untuk menekan angka inflasi dengan mengontrol harga pangan dan komponen lain yang berpengaruh. "Kami sih berharap inflasi April itu masih rendah, bahkan deflasi sedikit," ujar Darmin saat ditemui di Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat, Jakarta, Kamis (27/4).

(Baca juga: Meski BI Pesimis, Darmin Yakin Ekonomi Kuartal I Tumbuh 5 Persen)

Menurut Darmin, harapannya itu sesuai dengan kecenderungan deflasi yang kerap terjadi dua bulan berturut-turut. Ia menjelaskan, hal tersebut sangat mungkin terjadi karena musim yang sedang baik, sehingga pasokan kebutuhan pangan pun terkendali.

Darmin pun mengklaim bahwa pemerintah telah mengantisipasi datangnya Ramadan dan Lebaran dengan memastikan tersedianya bahan pangan. Menurutnya, hampir semua bahan pangan telah terjamin stok dan harganya. Saat ini, menurut pantauannya hanya harga bawang putih yang trennya sedikit naik.

"Kami cari jalan agar bawang putih bisa kembali normal. Gula juga membaik sedikit harganya, tapi bukan naik. Daging sebetulnya tidak naik juga, Jadi pangan masih oke," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...