Jelang Ramadan, Mendag Sidak Gudang Daging, Minyak dan Gula

Image title
28 April 2017, 11:42
Mendag Enggar
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita berupaya memastikan stok bahan pangan aman menjelang Ramadan dan Lebaran. Enggar hari ini akan meninjau gudang daging beku dan pabrik minyak goreng. Kemarin, Enggar juga meninjau gudang dan pabrik gula pasir.

Hari ini, Enggar dan timnya akan bergerak ke fasilitas milik distributor daging beku di Bekaksi dan pabrik minyak goreng di Pulogadung, Jakarta Timur. Sementara kemarin ia menyambangi gudang distributor PT Panen Indah Lestari dan pabrik gula milik PT Andalan Furnindo.

(Baca juga: Stok Beras, Gula, Minyak Goreng dan Daging Dijamin Aman Hingga Lebaran)

"Peninjauan ini untuk memastikan ketersediaan stok dengan melihat langsung fisik barangnya. Pertemuan sudah, pembahasan di kantor sudah, kesepakatan sudah, sekarang waktunya melihat langsung. Saya mendapat penjelasan bahwa stok aman," kata Enggar di Jakarta, Kamis (28/4) kemarin.

Enggar juga menyatakan bahwa dirinya telah menyurati Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) agar Bulog mulai menggelontorkan stok gulanya ke pasar tradisional. "Apalagi sebentar lagi kita memasuki musim giling tebu," katanya.

Enggar mengatakan peninjauan ini tujuannya untuk memastikan kepatuhan pelaku usaha terhadap Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah disepakati. Pemerintah tidak segan untuk mengambil langkah hukum jika ada dugaan penimbunan oleh pengusaha.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...