Upaya Pertamina Kelola Blok Migas di Rusia Terganjal Aspek Komersial

Anggita Rezki Amelia
2 Mei 2017, 18:35
Migas
Dok. Chevron

PT Pertamina (Persero) hingga kini belum bisa merealisasikan rencananya mengelola dua blok minyak dan gas bumi (migas) milik Rosneft di Rusia. Padahal, target awalnya Pertamina bisa mengantongi hak kelola dua blok itu pada Maret lalu.

Senior Vice President Upstream Business Development Pertamina Denie S. Tampubolon mengatakan, pihaknya masih membahas secara intensif aspek komersial (commercial terms) dengan Rosneft terkait pengelolaan dua blok migas yang diincar itu. Namun, dia belum mau menjelaskan aspek komersial yang dimaksud lantaran terikat perjanjian kerahasiaan dengan Rosneft.

Advertisement

"Ada beberapa yang dievaluasi. Tidak bisa menyampaikan detail sebelum tercapai kesepakatan," kata dia kepada Katadata pekan lalu. (Baca: Rencana Pertamina Miliki Blok Migas di Rusia Tertunda)

Sementara itu, Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengakui, negosiasi di bisnis hulu migas memang tidak mudah. Pihaknya pun belum mengetahui kapan negosiasi tersebut rampung. "Kenapa harus buru-buru kalau prosesnya belum selesai, nanti kalau sudah ada keputusan saya info," kata dia kepada Katadata, Senin (1/5).

Rencana Pertamina mengelola blok migas di Rusia merupakan buah dari kesepakatan kerja sama migas yang dirajut pada 26 Mei tahun lalu. Kesepakatan itu memberikan ruang bagi  Rosneft membangun Kilang Tuban, sedangkan Pertamina bisa mengelola blok migas di Rusia.

(Baca: Pertamina dan Rosneft Setor US$ 400 juta untuk Kilang Tuban)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement