Bahas Nasib Kontrak, Bos Besar Freeport Datangi Kantor Jonan

Anggita Rezki Amelia
4 Mei 2017, 16:29
richard c adkerson, freeport
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
President dan CEO Freeport-McMoRan Inc Richard C Adkerson menyampaikan keterangan dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (20/2).

President dan CEO Freeport McMoRan Inc. Richard C. Adkerson menyambangi gedung Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Kamis (4/5).  Kedatangan orang nomor satu di Freeport itu untuk menegosiasikan jaminan investasi jangka panjangnya di Indonesia seiring pemberlakuan izin baru pertambangan. 

Berdasarkan pantauan Katadata, Adkerson tiba di Kementerian ESDM​ pukul 15.01 WIB. Kedatangannya bersama beberapa rombongan dari Freeport, termasuk Juru Bicara Freeport Riza Pratama..  Adkerson juga didampingi Direktur Eksekutif Freeport Tony Wenas. 

(Baca: Mulai Proses Arbitrase, Bos Freeport: Pemerintah Langgar Kontrak)

Mereka akan menemui pejabat di Kementerian ESDM. Di antaranya Menteri ESDM Ignasius Jonan, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, dan Dirjen Bea Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi. Selain itu hadir juga Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

Menurut sumber Katadata, kedatangan Adkerson itu untuk membahas  beberapa hal yang masih belum disepakati Freeport dengan Pemerintah Indonesia, seperti kewajiban divestasi dan jaminan fiskal bagi Freeport. "Ini pertemuan tim besar untuk membahas negosiasi, " ujar sumber tersebut.

Mengenai divestasi, sebenarnya pemerintah sudah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 1 tahun 2017. Dalam aturan tersebut, setiap pemegang izin usaha pertambangan khusus wajib mendivestasikan sahamnya sebesar 51 persen secara bertahap. (Baca: BPK: Potensi Kerugian Negara Akibat Tambang Freeport Rp 185 Triliun)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...