Investasi Memompa Industri Manufaktur Kuartal I Tumbuh 4,3 Persen

Image title
5 Mei 2017, 15:31
Manufaktur
Donang Wahyu|KATADATA

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, industri manufaktur nasional tumbuh 4,33 persen pada tiga bulan pertama tahun ini. Pertumbuhan ini didorong oleh laju investasi sektor industri tersebut yang meningkat. 

Dia memang tidak menyebutkan secara rinci, berapa besar peningkatan investasi yang terjadi pada kuartal I-2017. Menurutnya, tingginya realisasi investasi industri di dalam negeri dipicu oleh pembangunan infrastruktur pendukung yang terus digalakkan pemerintah.

“Yang terpenting adalah iklim bisnis di Tanah Air tetap kondusif. Apalagi pemerintah telah mengeluarkan berbagai paket kebijakan ekonomi. Beberapa sektor seperti industri otomotif, tekstil, dan olahan susu telah merealisasikan investasinya,” katanya di Malang, Jawa Timur, Kamis (4/5).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang disebabkan kenaikan produksi industri bahan kimia dan barang dari bahan kimia sebesar 9,59 persen, industri makanan 8,20 persen, serta industri karet, barang dari karet, dan plastik sebesar 7,80 persen.

Pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang di kuartal I-2017 naik 4,33 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sementara produksi industri manufaktur mikro dan kecil kuartal I-2017 tumbuh 6,63 persen. (Baca: Kemenperin Fokus Genjot Daya Saing Industri Pengolahan)

Airlangga berharap pertumbuhan industri manufaktur kuartal I bisa bertahan hingga akhir tahun. Menurutnya untuk menjaga pertumbuhan ini, pemerintah perlu melakukan harmonisasi peraturan lintas sektoral. Kemudian menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan baku industri impor.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...