Bank Mandiri Pasang ATM Khusus di Kantor Bea Cukai Terpencil

Asep Wijaya
27 Mei 2017, 17:00
Bank Mandiri
KATADATA
Bank Mandiri

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. berencana memasang 49 Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Mini Khusus di beberapa kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai seluruh Indonesia, terutama daerah terpencil. Pemasangan mesin ATM ini merupakan salah satu upaya Bank Mandiri membantu pemerintah menggenjot penerimaan negara.

“Kami optimistis, langkah ini akan meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam memenuhi kewajibannya terkait pembayaran cukai, pajak ekspor dan impor serta kepabeanan,” ujar Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, di Jakarta, Jumat (26/5).  (Baca: Gara-Gara Aturan, Penerimaan Bea Cukai 2016 Turun)

Advertisement

Menurut Kartika, layanan ini merupakan wujud nyata dari komitmen Bank Mandiri untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran cukai, pajak ekspor dan impor, atau biaya lain terkait kepabeanan.  Sehingga bisa sejalan dengan upaya pemerintah menggenjot penerimaan negara.

Pada tahap awal, Bank Mandiri menempatkan 49 Mini ATM untuk pembayaran kepabeanan dan cukai di sejumlah Kantor Pelayanan Bea dan Cukai, terutama di daerah terpencil. Selain itu, Bank Mandiri juga menambahkan fitur pembayaran cukai, pajak ekspor dan impor dan kepabeanan pada alat pembayaran nontunai, seperti layanan Mandiri Mobile, Internet Mandiri, Mandiri ATM, dan call center 14000.

“Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah terkait transaksi nontunai (cashless) di seluruh kementerian dan lembaga,” ujarnya. (Baca: Penggunaan Sistem Keuangan Nontunai Turut Kurangi Kemiskinan)

Pemasangan 49 Mini ATM Khusus ini merupakan bentuk kerja sama yang pertama kali dilakukan antara Ditjen Bea Cukai dengan Bank Mandiri. Selanjutnya, Kartika berharap kedua institusi dapat menjajaki bentuk kerja sama lain di masa mendatang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement