Kajian Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Selesai Akhir Juli

Dimas Jarot Bayu
6 Juli 2017, 12:10
No image
Suasana ekspo Jaringan Kereta Cepat Negara Tiongkok di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta. Pameran menampilkan beragam jenis kereta cepat dan pembangunan stasiun kereta yang telah dipergunakan di negara Tiongkok yang rencananya juga akan di pergunak

Pemerintah memastikan kajian terkait proyek kereta Jakarta - Surabaya akan selesai pada akhir bulan ini. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan saat ini studi kelayakan tersebut saat ini mencapai 20 persen.

"Studinya sudah 20 persen dari Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi (BPPT) dengan Kementerian Perhubungan dan Jepang," kata Luhut di kantornya, Jakarta, Rabu (5/7).

Advertisement

Kajian terkait proyek kereta Jakarta Surabaya masih terus dikembangkan lantaran ditemukan banyak tikungan di jalur yang akan dibuat. Menurut Luhut, ditemukan lebih dari 100 tikungan di jalur tersebut. Alhasil, biaya untuk revitalisasi jalur kereta api Jakarta - Surabaya berpotensi membengkak.

(Baca: Uji Kelayakan Kereta Express Jakarta-Surabaya Pakai Dana APBN)

Selain itu, pihaknya juga mempertimbangkan apakah perlu membuat rute baru untuk proyek tersebut. Pasalnya, terdapat banyak moda transportasi menuju Surabaya saat ini, mulai dari kapal RoRo, kereta, jalan tol.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement