Jokowi Tagih Realisasi Kerja Sama Rp 26 Triliun dari Qatar dan Arab

Ameidyo Daud Nasution
19 Juli 2017, 20:30
raja salman
Rusman/Biro Set Pres
Presiden Joko Widodo menerima Raja Salman dari Arab Saudi di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu, (01/02).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengupayakan realisasi dari kerja sama dengan dua negara Timur Tengah yakni Arab Saudi dan Qatar. Nilai kerja sama yang diincar pemerintah dari kedua negara tersebut mencapai Rp 26 triliun.

Usai bertemu Jokowi, utusan khusus Presiden untuk Timur Tengah Alwi Shihab mengatakan kerja sama tersebut merupakan bagian dari komitmen yang telah disepakati antarnegara. Salah satunya hasil kesepakatan saat Raja Salman dari Arab Saudi berkunjung ke Indonesia beberapa waktu lalu.

"Ada yang kerja sama, ada yang pinjaman jangka panjang. Ini bukan hibah," kata Alwi di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/7).

Alwi berencana roadshow ke negara Timur Tengah tersebut untuk 'menagih' realisasi kerja sama. Dia mengatakan akan mengajak Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono serta Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar untuk ikut berkeliling.

"Dalam waktu dekat ini, kami sedang persiapkan," kata dia. 

(Baca: Mau Investasi Rp 67 Triliun, Uni Emirat Arab Minta Jaminan Pemerintah)

Pemerintah akan fokus kepada beberapa sektor dalam kerja sama yakni infrastruktur dan pariwisata. "Misal ke Arab Saudi, kami tunjukkan proyeknya untuk dilihat dengan dana yang tersedia," kata Alwi

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...