BPH Migas Usul Dana Iuran Rp 1 Triliun Dipakai Dukung BBM Satu Harga

Anggita Rezki Amelia
18 Agustus 2017, 21:35
BBM
Arief Kamaludin|KATADATA

Badan Pengatur Migas (BPH) Migas usulkan adanya bantuan dana kepada badan usaha, seperti PT Pertamina (Persero) untuk mendukung program Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga. Dana tersebut  untuk mempercepat sebaran infrastruktur BBM Satu Harga. 

Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa mengatakan dana tersebut berasal dari iuran yang dibayarkan badan usaha yang terdaftar. Jumlah nilai bantuannya bisa mencapai Rp 1 triliun.

Advertisement

Iuran tersebut selama ini terhitung sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Setiap tahunnya iuran yang dikantongi BPH Migas dari badan usaha mencapai Rp 1,2 triliun. 

(Baca: Hingga Juli, Realisasi BBM Satu Harga Masih 29% dari Target)

Selama lima tahun terakhir, iuran yang mencapai  Rp 1,2 triliun itu baru digunakan Rp 200 miliar. Untuk itu, ke depan Fanshurullah ingin iuran tersebut bisa lebih bermanfaat, yakni dalam bentuk bantuan dana untuk Pertamina menyukseskan program BBM satu harga.

Jadi, Pertamina tidak akan mengalami kerugian melaksanakan kebijakan tersebut. "Uang Rp 1 triliun itu untuk membantu membangun infrastruktur termasuk depot," kata dia usai high level meeting dengan Pertamina di kantor BPH Migas, Jakarta, Jumat (18/8).

Jika disetujui pemerintah, maka mulai tahun depan iuran dari BPH migas itu akan resmi masuk ke Pertamina sebagai dana hibah. Jadi perusahaan itu semakin masif membangun badan penyalur BBM satu harga di area-area yang belum masuk dari 150 titik di 148 kabupaten yang sudah ditetapkan pemerintah hingga 2019.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement