Jonan Laporkan Pengunduran Diri Anggota Dewan Energi ke Jokowi

Ameidyo Daud Nasution
21 Agustus 2017, 17:17
jokowi jonan
ANTARA FOTO/Rosa Panggabean
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Menteri ESDM Ignasius Jonan sebelum rapat terbatas tentang Evaluasi Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dan Program Prioritas Provinsi DKI di Kantor Kepresidenan Jakarta di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Sel

Andang Bachtiar telah menyatakan resmi mengundurkan diri darianggota Dewan Energi Nasional (DEN). Bahkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah melaporkan pengunduran diri itu kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). 

Laporan tersebut disampaikan Jonan ketika mendatangi Istana Kepresidenan, Senin (21/8). "Andang Bachtiar mengajukan surat kepada Bapak Presiden untuk mengundurkan diri karena ada kegiatan-kegiatan lain," kata Jonan usai bertemu Jokowi.

(Baca: Eksplorasi Migas Lambat, Sudirman Bentuk Tim Independen Baru)

Selain menyampaikan mengenai pengunduran diri Andang Bachtiar, Jonan juga membahas mengenai penggantinya. Namun dirinya tidak membahas detail siapa pengganti pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Eksplorasi Nasional (KEN) itu.

Yang jelas sebagai Ketua DEN, nantinya Presiden akan membikin surat mengenai pengganti DEN. "Itu juga saya laporkan mungkin Bapak Presiden mau diganti siapa," ujar Jonan.

Keanggotaan Dewan Energi Nasional ini tertuang dalam Undang-undang Nomor 30 tahun 2007. Di aturan itu menyatakan Anggota Dewan Energi Nasional terdiri atas dua kategori. Pertama, terdiri atas  Menteri maupun pejabat pemerintah Iainnya yang secara langsung bertanggung jawab atas penyediaan, transportasi, penyaluran, dan pemanfaatan energi. Jumlahnya ada tujuh. 

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...