Alokasikan Rp 500 Miliar, PT Garam Siap Serap Garam Rakyat

Michael Reily
24 Agustus 2017, 09:33
Garam
BKPM
Kepala BKPM Thomas Lembong berkunjung ke sentra produksi PT Garam (Persero) di Kupang, Nusa Tenggara Timur

PT Garam (Persero) menyatakan kesiapannya untuk membeli garam rakyat yang dihasilkan oleh petani garam lokal. Saat ini, sebanyak 52.500 ton garam impor telah tiba dari Australia. Pada saat yang sama, petani garam juga telah memulai panen raya.

"Sebenarnya petani tidak perlu takut. Garam akan dibeli oleh PT Garam," kata Sekertaris Perusahaan PT Garam Hartono kepada Katadata, Jakarta, Rabu (23/8). (Baca: Impor Tiba, Kadin Minta Pemerintah Perhatikan Panen Garam)

Advertisement

Menurut Hartono, PT Garam menyiapkan dana sebesar Rp 500 miliar untuk menyerap garam petani. Namun, dia tidak menyebutkan lebih rinci berapa banyak volume garam rakyat yang bisa dibeli dari dana tersebut. Dana tersebut akan dimaksimalkan untuk membeli petani sebanyak-banyaknya garam untuk ditampung oleh PT Garam. 

Dia mengingatkan agar para petani tidak perlu terbawa rumor produksi garamnya tidak akan laku, seperti yang digembor-gemborkan para pengepul, pedagang, dan pihak swasta. Dia menyatakan banyak oknum yang memanfaatkan keadaan untuk mencari keuntungan.

Dengan kemampuan penyerapan PT Garam, Hartono mengungkapkan garam tersebut akan dijual di kisaran Rp 2.250 sampai Rp 2.500 per kilogram. Namun, untuk pendistribusian garam impor masih belum dilakukan oleh PT Garam. (Baca: Dua dari Tiga Kapal Pengangkut Garam Impor Datang Terlambat)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement