Indeks Demokrasi Jakarta Anjlok Drastis Akibat Kampanye Pilgub

Dimas Jarot Bayu
14 September 2017, 20:37
Kampanye Pilkada
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA
Masa kampanye pemilihan gubernur DKI Jakarta pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Badan Pusat Statistik mencatat indeks demokrasi DKI Jakarta mengalami penurunan tertinggi pada 2016. Ibu Kota negara itu mengalami penurunan sebesar 14,47 poin dari 85,32 pada 2015 menjadi 70,85 pada 2016. Anjloknya peringkat Jakarta diduga akibat dampak kampanye pemilihan kepala daerah.

Indeks demokrasi Jakarta tersungkur ke posisi sebelas terbawah dari 34 provinsi. Padahal, Jakarta sebelumnya menempati peringkat pertama dalam Indeks Demokrasi Indonesia. "Posisi Jakarta jatuh dalam Indeks Demokrasi Indonesia 2016," kata Kepala BPS Suhariyanto di kantornya, Jakarta, Kamis (14/9).  (Baca: BPS Catat Indeks Demokrasi Turun Akibat Surutnya Peran Partai Politik)

Perhitungan indeks ini  menggunakan tiga aspek, yakni kebebasan sipil, hak-hak politik, dan lembaga demokrasi. Dari ketiganya, peneliti menganalisa 11 variabel dan 28 indikator untuk melakukan pengujian.

(Baca juga: Indeks Perilaku Anti Korupsi Membaik, Praktik Calo Makin Dijauhi)

Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syarif Hidayat menduga turunnya indeks demokrasi di Jakarta berkaitan erat dengan pelaksanaan Pilkada DKI. Pada 2016 menjadi waktu kampanye politik dua kandidat saat itu, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

"Paling diduga punya kaitan ini terkait dinamika politik di DKI, antara lain pelaksanaan Pilkada DKI," kata Syarif.   (Baca: BPS: Indeks Kebahagiaan Indonesia Naik, Orang Lajang Paling Bahagia)

Tim ahli BPS Maswadi Rauf mengatakan, penurunan kualitas indeks demokrasi Jakarta disebabkan karena seluruh aspek menurun. Aspek kebebasan sipil di DKI Jakarta menurun sebesar 8,53 poin dari 89,64 pada 2015 menjadi 81,11 pada 2016.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...