Sentimen Global dan Domestik Mendukung, IHSG Berpotensi Melaju Naik

Happy Fajrian
15 Maret 2019, 11:03
Ilustrasi
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Ilustrasi

Indek harga saham gabungan (IHSG) mengawali perdagangan saham di akhir pekan ini, Jumat (15/3) dengan dibuka naik 0,11% ke posisi 6.420,18 dibandingkan penutupan kemarin di posisi 6.413,27. Kinerja positif IHSG sejalan dengan bursa Asia yang mayoritas bergerak di teritori positif.

Pagi ini nyaris seluruh bursa saham Asia rebound setelah pada penutupan Kamis (14/3) mayoritas berakhir di zona merah. Indeks Shanghai pagi ini naik paling tinggi yakni 1,61%, kemudian Nikkei naik 1,02%, Kospi naik 0,87%, Hang Seng naik 0,7%, Strait times naik 0,41%, dan KLCI naik 0,16%. Hanya indeks PSEi yang pagi ini terkoreksi sebesar 0,43%.

Advertisement

Dikutip dari Reuters, reboundnya bursa saham Asia didorong oleh optimisme perundingan dagang antara Amerika Serikat (AS) dan TIongkok. Walaupun optimisme tersebut sedikit tertahan karena pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping yang direncanakan berlangsung akhir Maret ini untuk menyimpulkan kesepakatan dagang antara keduanya batal terlaksana.

(Baca: Ditopang Sentimen Global, IHSG Naik 0,56% Kembali ke Level 6.400)

Investor global juga mendapat suntikan optimisme dari perkembangan Brexit yang kembali ditunda untuk memastikan 'no deal Brexit' tidak terjadi. Penundaan tersebut mendorong bursa saham Eropa yang mencatatkan kenaikan tertinggi dalam lima bulan terakhir.

Kendati demikian ada sentimen global yang patut diwaspadai oleh investor di Indonesia, yaitu potensi meluasnya perang dagang setelah AS mencabut keistimewaan tarif dari India. Selain itu prospek ekonomi Tiongkok juga masih lemah seiring dengan produksi industri Tiongkok yang melambat ke level terendah dalam 17 tahun terakhir.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement