Politisi Berebut Posisi Anggota BPK

Image title
Oleh
20 Agustus 2014, 10:51

KATADATA ? Hari kedua seleksi 67 calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Selasa 19 Agustus 2014, di Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) terlihat masih diramaikan calon anggota dengan wajah lama. Ketua BPK Rizal Djalil, menjadi salah satu peserta dan mendapat pertanyaan pedas atas tuduhan jual beli opini WTP (wajar Tanpa Pengecualian). Rizal beralasan ingin tetap bertahan di BPK untuk mengabdikan diri pada negara.

Selain Rizal, beberapa politisi dan auditor BPK lainnya memang tercatat sebagai peserta. Mereka masih berburu jabatan di institusi ini karena  dinilai strategis dan memiliki peran penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Ekonom berharap BPK tidak menjadi tempat penampungan bagi para pensiunan politisi.

Menurut catatan sekretariat Komisi XI DPR, setidaknya ada delapan anggota DPR dan DPD ikut mendaftar. Enam orang di atas merupakan calon legislatif yang tidak lolos menjadi anggota legislatif periode 2014-2019. Sisanya, dua anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Zulbahri dan Hasbi Anshory.

Agenda seleksi di DPD ini dijadwalkan 18-21 Agustus 2014. Dari nama-nama yang lolos seleksi, kemudian akan direkomendasi ke Komisi XI DPR RI untuk diproses. Sesuai jadwal, uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Komisi XI akan digelar pada akhir Agustus 2014. Komisi XI menjanjikan sebelum 10 September nanti, lima anggota terpilih sudah akan diumumkan ke masyarakat.

Reporter: Agus Dwi Darmawan
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami