Investasi Cina: Tak Lagi Harapan Palsu

Image title
Oleh Widyanita
4 Mei 2016, 10:21

Investasi langsung Cina di Indonesia menunjukkan tren positif. Julukan sebagai pengobral janji mulai sirna seiring dengan peningkatan rasio realisasi investasi dibanding komitmennya. Kini, Cina menjelma sebagai salah satu penanam modal asing terbesar di Indonesia. Pada kuartal I-2016, Cina berhasil menduduki peringkat empat investor terbesar menyalip Korea Selatan dan Inggris. (Baca: Indonesia Lawan Malaysia dan Amerika Berebut Investasi Cina)

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terus mengupayakan peningkatan realisasi investasi dari Negeri Panda ini. Tim Marketing Officer khusus menangani investor Cina dibentuk untuk memasarkan secara aktif, memberi konsultasi, dan memfasilitasi mereka untuk merealisasikan investasinya.

Pada April 2016, BKPM telah melakukan kegiatan promosi di empat wilayah Negeri Tirai Bambu itu, yaitu Shanghai, Beijing, Huzhou, dan Dongguan. Bahkan, menurut Kepala BPKM Franky Sibarani, lembaganya telah meluncurkan desk khusus untuk memfasilitasi antusiame investor dari Cina. (Baca: Kendala Investasi Cina Akan Diselesaikan Lewat Whatsapp)

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami