Sri Mulyani Bahas Kerja Sama G20 di Indonesia-Singapore Business Forum

Image title
Oleh Grace Gandhi
16 Juni 2022, 20:56
Sri Mulyani Bahas Kerja Sama G20 di Indonesia-Singapore Business Forum
Katadata/Desy Setyowati
Menteri Keuangan Sri Mulyani

KBRI Singapura, didukung Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, menyelenggarakan Indonesia-Singapore Business Forum  di Hilton Orchard Singapore Hotel pada 14 Juni 2022.

Acara ini dalam rangka memperingati hubungan diplomatik Indonesia dan Singapura yang menginjak tahun ke-55.

Dengan mengusung tema “Rising Stronger Together”, forum bisnis ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama investasi dan bisnis antara kedua negara, terutama di bidang arsitektur kesehatan global, transisi energi, dan transformasi digital.

Ketiga bidang ini merupakan tiga pilar isu prioritas Presidensi Indonesia pada G20 2022.

Acara yang dibuka oleh Duta Besar Indonesia untuk Singapura ini menghadirkan berbagai pengambil kebijakan dan sektor swasta dari kedua negara, termasuk Menteri Keuangan (Menkeu), Menteri Kesehatan, serta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) dan Menteri Luar Negeri yang bergabung secara virtual.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berkesempatan untuk menyampaikan keynote address dengan topik “Nusantara – A New Locomotive for Indonesia’s Transformation”.

Dalam keynote-nya, Menkeu menyampaikan bahwa meskipun Indonesia mencatatkan performa ekonomi yang solid - seperti pertumbuhan ekonomi sebesar 5,01% year on year (yoy) pada kuartal I- 2022 - penurunan tingkat pengangguran, peningkatan lapangan pekerjaan, serta risiko lain yang saat ini mengintai dunia global.

Menko Perekonomian Airlangga pada sesi sebelumnya menyinggung tentang tantangan baru bagi pemulihan ekonomi pascapandemi adalah 5C Challenges: Covid-19, Conflict in Ukraine, Climate Change, Commodity Price Increase, and Cost of Living.

Sri Mulyani juga menitikberatkan bahwa tema Presidensi Indonesia pada G20 2022 adalah “Recover Together, Recover Stronger”, menjadi semakin menantang untuk diwujudkan. Hal ini sekaligus membuktikan pentingnya kerja sama dan kolaborasi antar masyarakat internasional.

Bagi Indonesia, pemerintah menjaga agar peningkatan kasus Covid tidak mengalami ekskalasi, sembari memulihkan mobilitas dan melindungi daya beli dari ancaman inflasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement