10 Cara Membangun Personal Branding dan Contohnya

Dwi Latifatul Fajri
7 Maret 2022, 13:42
Personal Branding
Pexels.com/Fauxels
Pentingnya Personal Branding

Personal branding sering dikaitkan dengan kemampuan seseorang membangun keahlian, kepercayaan, dan nilai yang dianggap menarik oleh orang lain.

Personal branding didefinisikan sebagai suatu proses membentuk persepsi masyarakat terhadap aspek yang ada dalam diri. Aspek tersebut berupa kepribadian, kemampuan, dan nilai untuk membangun persepsi positif pada masyarakat.

Pentingnya personal branding dalam diri seseorang untuk dikenal banyak orang, menarik, dan memiliki karakteristik yang berbeda dari orang lain.

Pengertian Personal Branding

Dalam buku Strategi Branding, menurut Frischmann (2014) manusia memiliki brand yang melekat pada diri masing-masing. Nah, personal branding merupakan aktivitas untuk membangun sisi profesional seseorang di hadapan orang lain, organisasi, dan perusahaan.

Selain itu, pengertian personal branding yang lain adalah aktivitas atau strategi yang dipakai, untuk mengubah pandangan orang lain.

Personal branding penting untuk menciptakan hubungan baik dengan orang lain dan membangun kepercayaan.

Personal branding dapat digunakan untuk memperkuat dan mempertahankan eksistensi diri. Ada beberapa aspek untuk mempengaruhi personal branding yaitu pendidikan, gaya, dan perilaku sehari-hari.

Cara Membangun Personal Branding

1. Tentukan Segmentasi

Salah satu cara membangun personal branding adalah menentukan pasar secara kreatif.

Langkah pertama anda perlu menentukan segmen mana yang ingin dipilih untuk menunjukkan brand personal anda.

Contohnya target segmen untuk lingkungan kerja, sekolah, organisasi, komunitas, politik, profesi, atau pertemanan.

2. Menentukan Target

Langkah kedua adalah menentukan target dan alokasi sumber daya yang eektif. Target dibuat karena sumber daya kita yang terbatas. Contoh sumber daya yaitu energi, pikiran, dan waktu.

3. Positioning

Mengutip buku Strategi Branding, menentukan positioning penting untuk konsumen. Brand perlu ditanamkan dalam benak konsumen untuk membangun personal brand.

Anda membutuhkan kelebihan dan kekurangan untuk gambaran di benak orang lain. Positioning juga penting untuk membedakan diri anda dengan orang lain.

Contoh positioning yaitu seorang vlogger kuliner memiliki karakter kuat, gaya bicara yang unik, dan penampilan untk membedakan dengan vlogger lain.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement