Pengertian IPTEK Menurut Para Ahli Beserta Dampak, dan Manfaatnya

Dwi Latifatul Fajri
15 Maret 2022, 14:32
Ilustrasi, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi atau IPTEK
Katadata
Ilustrasi, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi atau IPTEK

IPTEK merupakan akronim dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, yang kerap digunakan saat membahas mengenai perkembangan teknologi, atau adanya perkembangan suatu disiplin ilmu. Perkembangan IPTEK sendiri terjadi karena adanya globalisasi. Kemajuan di bidang teknologi ini membantu kehidupan manusia. Contohnya saja pembaruan teknologi di bidang transportasi, komunikasi, dan masih banyak lagi.

Pengertian IPTEK

IPTEK berkaitan dengan perkembangan teknologi, berupa penemuan baru. Kemajuan teknologi ini memberi banyak manfaat dan kemudahan.

Advertisement

Mengutip dari jurnal Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) Dalam Pendidikan, kata teknologi berasal dari bahasa Perancis La Teknique. Arti kata tersebut adalah semua proses yang dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan sesuatu secara rasional.

Menurut Jaques Ellul, teknologi ini memiliki karakteristik dan efisiensi untuk setiap bidang yang dibutuhkan manusia. Secara umum, IPTEK adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari ketrampilan untuk menciptakan alat, sampai metode pengolahan. Sehingga, keberadaan IPTEK ini dapat membantu pekerjaan manusia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teknologi adalah suatu metode ilmiah yang digunakan untuk mencapai tujuan praktis, serta menjadi satu ilmu pengetahuan terapan.

Berikut pengertian teknologi menurut para ahli, mengutip dari stekom.ac.id:

  • Capra

Teknologi adalah satu pembahasan sistematis, atas seni terapan. Acuan arti teknologi ini berasal dari kata Yunani "techne" artinya wacana seni.

  • Manuel Castells

Manuel Castells mendefinisikan teknologi sebagai sekumpulan alat, aturan, dan prosedur penerapan dari pengetahuan ilmiah.

  • Arnold J. Toynbee

Menurut Toynbee, teknologi merupakan karakteristik kemuliaan manusia. Pendapat ini didasarkan atas perkembangan kebutuhan manusia yang tidak hanya hidup untuk makan, melainkan terus mencari sesuatu yang lebih dalam hidup.

  • Miarso

Teknologi merupakan sebuah proses untuk meningkatkan nilai tambah. Proses ini dapat digunakan dan menghasilkan produk tertentu. Selain itu teknologi menjadi bagian dari sebuah integral yang terdapat di sistem tertentu.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement