6 Makanan Khas Jambi yang Sayang untuk Dilewatkan

Image title
21 Maret 2022, 14:48
Ilustrasi, kue padamaran, makanan khas Jambi.
id.wikipedia.org
Ilustrasi, kue padamaran, makanan khas Jambi.

Menikmati makanan khas Jambi menjadi sesuatu yang sayang untuk dilewatkan ketika mengunjungi provinsi yang terletak di Pulau Sumatera ini.

Dikenal dengan motto "Tanah Pilih Pesako Betuah", Jambi memiliki segudang kuliner spesial yang siap memanjakan lidah para wisatawan yang berkunjung.

Sekilas tentang Jambi

Mengutip jambiprov.go.id, Provinsi Jambi cukup strategis karena langsung berhadapan dengan kawasan pertumbuhan ekonomi, yaitu IMS-GT (Indonesia, Malaysia, Singapura Growth Triangle). Jambi memiliki luas 53.435,72 km2 dengan luas daratan 50.160,05 km2 dan luas perairan 3.274,95 km2.

Secara administratif, jumlah kecamatan dan desa/kelurahan Jambi tahun 2019 sebanyak 141 kecamatan dan 1.375 desa/kelurahan, di mana jumlah desa/kelurahan terbanyak berada di kabupaten Merangin, yaitu 24 kecamatan dan 215 desa/kelurahan.

Jambi terkenal dengan iklim tropis dan kaya akan sumber daya alam serta keanekaragaman hayati. Akan tetap, Jambi juga rentan akan perubahan iklim, seperti kenaikan temperatur, perbuahan intensitas dan periode hujan, kenaikan muka air laut, dan pergeseran musim hujan/kemarau.

Penggunaan lahan Provinsi Jambi didominasi oleh perkebunan karet dan perkebunan sawit. Sebagian besar lahan di Jambi digunakan untuk kegiatan budidaya pertanian, baik pertanian lahan sawah maupun pertanian lahan bukan sawah.

Makanan Khas Jambi

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa makanan khas Jambi yang layak untuk dicoba:

1. Gulai Tepek Ikan

Hidangan ini adalah hasil perpaduan antara sagu tani dan ikan gabus atau ikan tenggiri yang direbus kemudian digulai.

Berdasarkan buku “Kuliner Khas Jambi, Sedap Nian Oi” oleh Rini Febriani Hauri, nama gulai ikan tepek digunakan karena makanan ini dibuat dengan cara dipipihkan atau tepek dalam bahasa Jambi.

Gulai tepek ikan merupakan salah satu masakan khas yang berasal dari Kota Seberang, Jambi. Makanan ini hanya disajikan pada waktu-waktu tertentu, misalnya, pernikahan, kenduri, acara adat, atau acara penyambutan tamu. Jadi, makanan ini tidak dijual bebas di warung makan.

2. Gulai Ikan Patin

Gulai ikan patin merupakan salah satu makanan khas Jambi yang terkenal. Aslinya, hidangan gulai ikan patin ini tergolong unik dimasak dengan tempoyak, yaitu daging buah durian yang telah difermentasi. Namun, karena tidak semua orang suka dengan bau dan rasa tempoyak, di beberapa tempat makanan ini dimodifikasi dengan dimasak menggunakan campuran santan.

Karena tergolong kuliner yang populer di Jambi, untuk menemukan restoran yang menjual hidangan ini tentu tidak sulit. Bahkan, ada sentra yang khusus menjual gulai ikan patin.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...