10 Makanan Khas Jember, dari Pecel Gudeg Sampai Wedang Cor

Image title
22 Maret 2022, 13:58
Ilustrasi, makanan khas Jember, prol tape.
cookpad.com
Ilustrasi, makanan khas Jember, prol tape.

Bukan hanya budaya dan panorama alamnya saja yang melimpah dan memikat, Pulau Jawa juga menyimpan segudang kuliner tradisional yang tersebar di tiap-tiap wilayahnya dengan cita rasa dan keunikannya masing-masing. Jember adalah salah satunya.

Makanan Khas Jember

Kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang berjuluk Kota Tembakau ini memiliki ragam kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke Jember. Berikut rekomendasi makanan khas Jember:

1. Pecel Gudeg

Makanan khas Jember yang pertama adalah pecel gudeg. Keunikan dari panganan yang satu ini ialah perpaduan dari pecel dan gudeg sehingga menawarkan cita rasa yang unik di lidah. Di samping itu, pecel gudeg dilengkapi dengan potongan daging dan rempeyek gurih yang menambah kelezatan.

Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta, sementara pecel sering menjadi santapan masyarakat Jawa Timur. Satu porsi pecel gudeg biasanya dipatok berdasarkan lauk tambahan yang dapat dipilih sendiri oleh pelanggan.

2. Nasi Langgi Jember

Selain pecel gudeg, nasi langgi Jember juga sering menjadi pilihan masyarakat di kala perut kosong. Makanan khas Jember yang satu ini merupakan olahan nasi yang dilengkapi beragam lauk seperti telur asin, petis, abon sapi, sambal goreng, tempe, kentang, mentimun, sambal dan sebagainya.

Di Jember, menu nasi langgi dapat ditemukan dengan mudah di berbagai warung makan. Tapi, salah satu yang populer adalah nasi langgi Depot Jawa Timur. Lokasinya terletak di kawasan Jalan Gatot Subroto yang beroperasi mulai pukul 8 pagi sampai pukul 9 malam.

3. Pecel Pincuk Garahan

Olahan pecel lainnya yang bisa Anda coba saat berkunjung ke Kota Tembakau ini adalah pecel pincuk garahan. Makanan khas Jember ini disajikan menggunakan daun pisang. Begitu menyentuh lidah, rasa pedas saus kacangnya akan langsung menggoyang lidah.

Bumbu sambal kacang pecel pincuk garahan juga tidak sehalus bumbu pecel pada umumnya. Bahkan, kacang yang dipakai sebagai bumbu kacang masih begitu terasa gurihnya. Di samping itu, olahan yang satu ini juga didampingi tauge dan sayur gundo.

4. Lontong Kupang

Lontong kupang Jember identik dengan kerang kecil beserta kuah khasnya yang disantap bersamaan dengan lontong.

Kupang adalah jenis hewan laut semacam kerang yang berbentuk seperti biji kedelai. Hewan ini biasa ditemukan di pinggir pantai.

Selain kupang dan lontong, hidangan ini juga dipadukan dengan potongan cabai, bawang putih, garam dan disajian dengan bumbu petis seperti bumbu rujak.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...