10 Makanan Khas Jember, dari Pecel Gudeg Sampai Wedang Cor

Makanan khas Jember menawarkan banyak pilihan menu, mulai dari makanan berat seperti pecel gudeg, camilan seperti jenang waluh, sampai minuman hangat wedang cor.
Image title
22 Maret 2022, 13:58
Ilustrasi, makanan khas Jember, prol tape.
cookpad.com
Ilustrasi, makanan khas Jember, prol tape.

Bukan hanya budaya dan panorama alamnya saja yang melimpah dan memikat, Pulau Jawa juga menyimpan segudang kuliner tradisional yang tersebar di tiap-tiap wilayahnya dengan cita rasa dan keunikannya masing-masing. Jember adalah salah satunya.

Makanan Khas Jember

Kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang berjuluk Kota Tembakau ini memiliki ragam kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke Jember. Berikut rekomendasi makanan khas Jember:

1. Pecel Gudeg

Makanan khas Jember yang pertama adalah pecel gudeg. Keunikan dari panganan yang satu ini ialah perpaduan dari pecel dan gudeg sehingga menawarkan cita rasa yang unik di lidah. Di samping itu, pecel gudeg dilengkapi dengan potongan daging dan rempeyek gurih yang menambah kelezatan.

Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta, sementara pecel sering menjadi santapan masyarakat Jawa Timur. Satu porsi pecel gudeg biasanya dipatok berdasarkan lauk tambahan yang dapat dipilih sendiri oleh pelanggan.

Advertisement

2. Nasi Langgi Jember

Selain pecel gudeg, nasi langgi Jember juga sering menjadi pilihan masyarakat di kala perut kosong. Makanan khas Jember yang satu ini merupakan olahan nasi yang dilengkapi beragam lauk seperti telur asin, petis, abon sapi, sambal goreng, tempe, kentang, mentimun, sambal dan sebagainya.

Di Jember, menu nasi langgi dapat ditemukan dengan mudah di berbagai warung makan. Tapi, salah satu yang populer adalah nasi langgi Depot Jawa Timur. Lokasinya terletak di kawasan Jalan Gatot Subroto yang beroperasi mulai pukul 8 pagi sampai pukul 9 malam.

3. Pecel Pincuk Garahan

Olahan pecel lainnya yang bisa Anda coba saat berkunjung ke Kota Tembakau ini adalah pecel pincuk garahan. Makanan khas Jember ini disajikan menggunakan daun pisang. Begitu menyentuh lidah, rasa pedas saus kacangnya akan langsung menggoyang lidah.

Bumbu sambal kacang pecel pincuk garahan juga tidak sehalus bumbu pecel pada umumnya. Bahkan, kacang yang dipakai sebagai bumbu kacang masih begitu terasa gurihnya. Di samping itu, olahan yang satu ini juga didampingi tauge dan sayur gundo.

4. Lontong Kupang

Lontong kupang Jember identik dengan kerang kecil beserta kuah khasnya yang disantap bersamaan dengan lontong.

Kupang adalah jenis hewan laut semacam kerang yang berbentuk seperti biji kedelai. Hewan ini biasa ditemukan di pinggir pantai.

Selain kupang dan lontong, hidangan ini juga dipadukan dengan potongan cabai, bawang putih, garam dan disajian dengan bumbu petis seperti bumbu rujak.

5. Tahu Hwa

Seperti namanya, makanan khas ini terbuat dari ampas tahu yang disajikan dengan kuah jahe. Meskipun rasanya sedikit pahit, namun karena campuran kuah jahe yang dibuat manis, tahu hwa memiliki rasa unik yang layak untuk dicoba.

6. Prol Tape

Prol tape dibuat dari bahan dasar tape. Selain itu, bahan pembuatan kue ini dilengkapi dengan bahan kue lainnya seperti margarin, telur, tepung terigu dan susu.

Jajanan yang kerap dijadikan buah tangan kala berkunjung ke Jember ini memiliki perpaduan rasa manis, asam dan gurih. Ada juga variasi rasa lainnya seperti cokelat, kismis, keju dan rasa original.

7. Pia Tape

Pia tape khas Jember ini memiliki banyak varian rasa mulai dari keju, pisang, cokelat, blueberry dan beragam rasa lainnya. Camilan berbahan dasar tape ini bertekstur sedikit keras pada bagian kulitnya namun lembut di dalamnya.

Pia tape memiliki warna cokelat kekuningan dengan rasa manis yang berasal dari tape. Panganan yang satu ini cocok dijadikan oleh-oleh setelah puas berkeliling dan menjelajah wilayah Jember.

8. Jenang Waluh

Camilan lain yang juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh adalah jenang waluh. Kuliner tradisional ini diolah dari labu kuning, kelapa tua, dan tepung ketan sehingga memiliki tekstur kenyal dan rasa yang manis.

Jenang waluh biasa disajikan bersama dengan olahan ketan yang dicampur kelapa tua dan diolah menjadi uli.

9. Suwar Suwir

Satu lagi makanan khas Jember yang terbuat dari bahan dasar tape yaitu suwar suwir. Jenis tape yang dipilih adalah tape singkong yang dicampur gula dan diproses dengan cara tertentu sehingga teksturnya menjadi agak keras.

Camilan yang mirip dodol ini kemunculan pertamanya ada dalam satu rasa, yakni rasa sirsak. Namun, seiring waktu suwar suwir memiliki beragam rasa mulai dari kacang, cokelat, sampai strawberry.

10. Wedang Cor

Setelah mengisi perut dengan berbagai makanan khas Jember, Anda bisa melengkapinya dengan menyesap wedang cor. Minuman hangat ini terbuat dari campuran susu, jahe, dan tape ketan.

Wedang cor memiliki rasa hangat, asam, serta manis yang berasal dari rempa-rempah Nusantara. Minuman ini cocok untuk menemani sore hari Anda bersama pisang goreng atau camilan tradsional Jember lainnya.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait