10 Pemandangan Alam di Indonesia yang Menakjubkan

Image title
9 Oktober 2021, 07:56
Pemandangan alam di Piaynemo Raja Ampat, Papua
Unsplash/Sutirta Budiman
Pemandangan alam di Piaynemo Raja Ampat, Papua

Keindahan alam Indonesia merupakan daya tarik yang mampu memikat wisatawan domestik dan mancanegara. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki panorama pantai, laut, gunung, air terjun, hutan, dan wisata alam lain yang memukau.

Dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1996 tentang Perairan Indonesia, jumlah pulau di Indonesia mencapai 17.508 pulau. Terletak di paling barat adalah Pulau Weh di Kota Sabang, Aceh. Sedangkan pulau paling timur adalah Pulau Liki yang terletak di Kabupaten Sarmi, Papua.

Advertisement

Dengan kondisi geografis yang menakjubkan, terdapat banyak pemandangan alam yang dapat dinikmati. Dari pantai hingga pegunungan megah, berikut 10 pemandangan alam di Indonesia yang menakjubkan.

1. Raja Ampat

Pemandangan alam Raja Ampat menyajikan gugusan pulau yang asri dengan hamparan laut biru yang jernih. Raja Ampat terletak di Semenanjung Doberai atau dikenal sebagai Semenanjung Kepala Burung (Bird's Head Peninsula) di Provinsi Papua Barat.

Keindahan alam Raja Ampat begitu memesona. Daratannya ditutupi dengan vegetasi yang rimbun. Area pantai berpasir putih dengan deburan ombak yang indah. Bagi penggemar panorama bawah laut, Raja Ampat menawarkan pengalaman menyelam dan snorkeling dengan peralatan yang bisa disewa.

Untuk mencapai Raja Ampat, ada penerbangan domestik dari Kota Jakarta atau Makassar untuk menuju Pulau Waisai, Ibu Kota Raja Ampat. Dari Waisai, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan kapal feri ke pulau-pulau di Raja Ampat.

2. Pulau Padar

Pulau Padar di Nusa Tenggara Timur
Pulau Padar di Nusa Tenggara Timur (Unsplash/Killian Pham)

Daya tarik utama Pulau Padar adalah pemandangan alamnya. Terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur, pulau ini terdiri dari perbukitan yang membentang menghadap laut biru. Hal terbaik untuk dilakukan di sini adalah melihat panorama dari atas bukit. Pengunjung bisa mendaki bukit di Pulau Padar untuk menikmati hamparan alam dari atas.

Cara untuk mengunjungi Pulau Padar adalah dengan naik perahu dari Labuan Bajo. Jaraknya sekitar 40 kilometer dan perjalanan biasanya memakan waktu tiga jam dengan kapal lambat, atau kurang dari setengahnya dengan kapal cepat.

3. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur (Pexels/Guntur Kresno)

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terletak di Jawa Timur, Indonesia. Tempat wisata ini merupakan kawasan konservasi di Indonesia yang memiliki lautan pasir sepanjang 10 km yang disebut Tengger, dimana empat kerucut gunung berapi muncul.

Kerucut tersebut adalah Gunung Batok (2.470 m), Gunung Kursi (2.581 m), Gunung Watangan (2.661 m), dan Gunung Widodaren (2.650 m). Hamparan sabana yang luas dan semburan asap dari kawah menyajikan pemandangan alam yang mengagumkan.

Saat berkunjung ke tempat ini, jangan lewatkan panorama matahari terbit yang menakjubkan dengan kemegahan gunung. Untuk pilihan lainnya, wisatawan bisa menyaksikan indahnya matahari terbit dari Ranu Kumbolo, dimana matahari perlahan akan muncul dari lembah di antara kedua bukit tersebut.

4. Pantai Kelingking

Pantai Kelingking di Nusa Penida, Bali
Pantai Kelingking di Nusa Penida, Bali (Unsplash/Paolo Nicolello)

Pantai Kelingking terletak di Desa Bunga Mekar, sebelah barat daya Pulau Nusa Penida, Bali. Salah satu pemandangan alam yang paling populer disini adalah tanjung batu kapur yang ditumbuhi tanaman dengan ombak besar menerjangnya.

Untuk sampai ke Nusa Penida, Anda harus tiba di Pelabuhan Sanur dan membeli tiket feri cepat ke Nusa Penida. Perjalanan feri ini memakan waktu sekitar 30 menit. Sesampainya di Pantai Kelingking, pengunjung harus berhati-hati jika ingin menuruni tangga karena cukup curam. Walau jalannya cukup sulit, pemandangan alam yang memesona dapat menghilangkan rasa lelah.

5. Kepulauan Widi

Pemandangan alam di Kepulauan Widi, Halmahera Selatan, Maluku Utara
Pemandangan alam di Kepulauan Widi, Halmahera Selatan, Maluku Utara (Pixabay/Kanenori)

Terletak di Maluku Utara, Kepulauan Widi menawarkan pemandangan pasir putih dan laut biru yang memukau. Berbaring di pasir putih sambil menikmati birunya laut mungkin bisa melepask stred yang Anda rasakan. Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan lumba-lumba melompat di atas air.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement