Embargo, Definisi, Jenis dan Cara Mengatasinya

Siti Nur Aeni
24 Maret 2022, 17:20
Ilustrasi, kapal kargo berbendera asing memuat palm kernel meal di Dermaga C Pelabuhan PT. Pelindo I, Dumai. Dalam hubungan dan/atau perdagangan internasional dikenal istilah embargo, yakni pelarangan niaga yang dilakukan suatu negara terhadap negara lain
ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid
Ilustrasi, kapal kargo berbendera asing memuat palm kernel meal di Dermaga C Pelabuhan PT. Pelindo I, Dumai. Dalam hubungan dan/atau perdagangan internasional dikenal istilah embargo, yakni pelarangan niaga yang dilakukan suatu negara terhadap negara lain.

Kata embargo menjadi salah satu istilah yang sering digunakan dalam bidang ekonomi khususnya yang terkait hubungan internasional. Embargo sering dimaknai sebagai larangan jual beli dari satu negara ke negara lain. Lantas, sebenarnya apa itu embargo? Dan bagaimana dampak embargo pada suatu negara? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Apa Itu Embargo?

Menurut penjelasan di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), embargo adalah larangan lalu lintas barang antar negara. Sementara itu dalam artsandculture.google.com, embargo dimaknai sebagai pelarangan perniagaan dan perdagangan dalam sebuah negara.

Kata ini sering digunakan dalam perdagangan dan politik internasional. Embargo disebutkan oleh suatu negara terhadap negara lain untuk mengisolasinya, sehingga menyebabkan pemerintahan negara yang diembargo mengalami keadaan internal yang sulit.

Tujuan embargo biasanya untuk memaksa suatu negara agar patuh dan tunduk terhadap negara yang melakukan pelarangan tersebut. Dengan kata lain, embargo merupakan sebuah senjata untuk melumpukna ekonomi negara.

Apabila pelarangan ini berlangsung lama, tentu saja masyarakat dalam negara tersebut akan mengalami dampaknya. Kesejahteraan masyarakat menurun dan bisa memberikan dampak pada sektor lain dalam sebuah negara.

Jenis Embargo

Mengutip dari finansialku.com, setidaknya ada dua jenis embargo yang biasanya dilakukan, yaitu embargo informasi dan ekonomi. Berikut penjelasan ringkasnya.

1. Embargo Informasi

Embargo informasi adalah pemberhentian publikasi suatu berita atau informasi dalam kurun waktu tertentu.  

2. Embargo Ekonomi

Embargo ekonomi adalah pelarangan segala bentuk kegiatan ekonomi baik impor atau ekspor kepada negara yang sedang mendapatkan sanksi embargo.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...