7 Cara Menghilangkan Cegukan Saat Puasa tanpa Minum Air Putih

Dwi Latifatul Fajri
21 April 2022, 15:14
cara menghilangkan cegukan saat puasa
Pexels.com/Cottonbro
Ilustrasi, Penyebab dan Cara Mengatasi Cegukan Saat Puasa

Cegukan saat puasa bisa menjadi masalah bagi beberapa orang. Cegukan menimbulkan rasa tidak nyaman dan bunyi hik terus menerus. Bunyi yang dikeluarkan ini terjadi tanpa sengaja dan bisa berulang.

Cegukan biasa terjadi dalam kondisi tertentu seperti ketika minum atau makan. Semua orang termasuk balita bisa mengalami cegukan. Biasanya cegukan ringan setelah makan akan hilang sendiri tanpa penanganan khusus.

Advertisement

Penyebab Cegukan

Penyebab cegukan karena kontraksi diafragma yang tidak terkendali dan terus berulang. Kontraksi ini terjadi di struktur otot di bawah paru-paru.

Diafragma berguna untuk menandai batas antara dada dan perut. Fungsi diafragma untuk mengatur pernapasan ke paru-paru. Ketika diafragma berkontraksi, paru-paru akan mengambil oksigen. Paru-paru yang melepaskan karbondioksida membuat diafragma rileks.

Tetapi, kontraksi diafragma bisa terjadi diluar ritme. Mengutip dari healthline.com, cegukan terjadi ketika diafragma berkontraksi di luar ritme.

Cegukan terjadi saat spasme diafragma membuat laring (kotak suara) dan pita suara menutup tiba-tiba. Hal ini berdampak pada aliran udara yang masuk tiba-tiba ke paru-paru. Kemudian tubuh akan bereaksi mengeluarkan suara cegukan.

Penyebab Umum Cegukan

  1. Makanan pedas
  2. Konsumsi Alkohol
  3. Makan kebanyakan
  4. Minum minuman karbonasi
  5. Konsumsi makanan yang terlalu panas dan dingin dalam waktu bersamaan
  6. Menelan udara tanpa sengaja ketika makan
  7. Menelan udara terlalu banyak
  8. Stress
  9. Perasaan bahagia berlebihan
  10. Suhu cepat berubah

Cara Menghilangkan Cegukan Saat Puasa

Cara menghilangkan cegukan yaitu minum air putih secukupnya. Air putih membantu menghentikan dan meredakan cegukan yang muncul. Lalu bagaimana cara mengatasi cegukan saat puasa?

Cegukan bisa terjadi sangat lama setelah makan. Setelah berbuka puasa dan sahur, anda bisa minum air untuk mengurangi cegukan. Namun, ketika sedang berpuasa cegukan bisa dihilangkan tanpa minum air putih. Berikut cara mengatasi cegukan saat puasa:

1. Menarik Nafas

Cara menghilangkan cegukan saat puasa adalah menarik nafas dan hembuskan. Lakukan cara ini beberapa kali untuk menghilangkan cegukan.

Anda bisa menahan napas untuk mengatasi cegukan. Caranya ambil napas dalam-dalam melalui hidung. Kemudian tahan selama 10 detik lalu hembuskan perlahan. Ulangi langkah ini selama 3-4 kali.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement