10 Makanan Khas Prancis dengan Cita Rasa Istimewa

Image title
7 April 2022, 09:07
Ilustrasi. Ratatouille, makanan khas Prancis dari wilayah Provence
Unsplash/amirali mirhashemian
Ilustrasi. Ratatouille, makanan khas Prancis dari wilayah Provence

Terletak di Eropa Barat, Prancis merupakan negara dengan Ibu Kota Paris yang juga dikenal sebagai "The City of Love" atau Kota Cinta. Kota ini terkenal karena suasana romantisnya sehingga banyak menjadi destinasi bagi pasangan.

Selain tempat wisata, Prancis juga menawarkan pengalaman kuliner yang variatif. Makanan khas Prancis terkenal di seluruh dunia karena cita rasanya yang lezat dengan persiapan yang mewah. Bahkan, UNESCO mengukuhkan makanan khas Prancis sebagai Representative List of The Intangible Cultural Heritage of Humanity atau Daftar Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan.

Makanan khas Prancis memiliki ciri khas dari penggunaan produk-produk lokal yang segar, pemilihan hidangan yang cermat dan keragaman wilayah, serta aspek perpaduan anggur dan makanan, pengaturan meja, dan ritual makan bersama.

Kelezatan makanan khas Prancis dapat dinikmati dari beragam hidangan berikut ini.

1. Ratatouille

Ratatouille adalah makanan khas Prancis dari wilayah Provence. Hidangan ini dibuat dengan terong, tomat, bawang bombay, paprika, zucchini, bawang putih, dan rempah-rempah yang direbus dalam minyak zaitun.

Pada zaman dahulu, ratatouille dianggap sebagai hidangan petani karena dibuat dengan sisa sayuran. Makanan ini biasa dimakan dengan nasi, pasta atau roti. Namun, ratatouille telah berkembang menjadi hidangan mewah yang disiapkan oleh koki top dan disajikan di restoran terbaik.

Ratatouille memiliki rasa manis dari bawang dan jus tomat yang dicampur dengan sedikit rasa pedas karena merica hitam.

2. Boeuf Bourguignon

Boeuf bourguignon merupakan makanan khas Prancis yang berasal dari wilayah Burgundy. Makanan ini terbuat dari potongan daging sapi dengan sayuran yang dipadukan dalam saus anggur merah.

Proses pembuatan boeuf bourguignon membutuhkan waktu yang cukup lama. Daging sapi direbus dalam anggur merah dengan kentang, wortel, jamur, bawang putih, bawang merah dan buket garni yaitu seikat timi, peterseli dan daun salam.

Pembuatan boeuf bourguignon dapat memakan waktu tiga hingga enam jam. Proses lambat ini penting untuk melunakkan daging dan mengurangi anggur menjadi saus yang enak. Semakin lama dimasak, semakin kuat rasanya dan semakin empuk dagingnya.

3. Coq au vin

Coq au vin adalah semur ayam khas Prancis. Ayam direbus dengan anggur, lardon, jamur, dan bawang putih. Anggur merah Burgundy biasanya digunakan, meskipun banyak daerah di Prancis membuat varian menggunakan anggur lokal.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement