10 Makanan Khas Prancis dengan Cita Rasa Istimewa

Prancis terkenal dengan tempat wisata dan kulinernya yang bervariasi. Kelezatan makanan khas Prancis dapat dinikmati dari beragam hidangan berikut ini.
Image title
7 April 2022, 09:07
Ilustrasi. Ratatouille, makanan khas Prancis dari wilayah Provence
Unsplash/amirali mirhashemian
Ilustrasi. Ratatouille, makanan khas Prancis dari wilayah Provence

Terletak di Eropa Barat, Prancis merupakan negara dengan Ibu Kota Paris yang juga dikenal sebagai "The City of Love" atau Kota Cinta. Kota ini terkenal karena suasana romantisnya sehingga banyak menjadi destinasi bagi pasangan.

Selain tempat wisata, Prancis juga menawarkan pengalaman kuliner yang variatif. Makanan khas Prancis terkenal di seluruh dunia karena cita rasanya yang lezat dengan persiapan yang mewah. Bahkan, UNESCO mengukuhkan makanan khas Prancis sebagai Representative List of The Intangible Cultural Heritage of Humanity atau Daftar Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan.

Makanan khas Prancis memiliki ciri khas dari penggunaan produk-produk lokal yang segar, pemilihan hidangan yang cermat dan keragaman wilayah, serta aspek perpaduan anggur dan makanan, pengaturan meja, dan ritual makan bersama.

Kelezatan makanan khas Prancis dapat dinikmati dari beragam hidangan berikut ini.

Advertisement

1. Ratatouille

Ratatouille adalah makanan khas Prancis dari wilayah Provence. Hidangan ini dibuat dengan terong, tomat, bawang bombay, paprika, zucchini, bawang putih, dan rempah-rempah yang direbus dalam minyak zaitun.

Pada zaman dahulu, ratatouille dianggap sebagai hidangan petani karena dibuat dengan sisa sayuran. Makanan ini biasa dimakan dengan nasi, pasta atau roti. Namun, ratatouille telah berkembang menjadi hidangan mewah yang disiapkan oleh koki top dan disajikan di restoran terbaik.

Ratatouille memiliki rasa manis dari bawang dan jus tomat yang dicampur dengan sedikit rasa pedas karena merica hitam.

2. Boeuf Bourguignon

Boeuf bourguignon merupakan makanan khas Prancis yang berasal dari wilayah Burgundy. Makanan ini terbuat dari potongan daging sapi dengan sayuran yang dipadukan dalam saus anggur merah.

Proses pembuatan boeuf bourguignon membutuhkan waktu yang cukup lama. Daging sapi direbus dalam anggur merah dengan kentang, wortel, jamur, bawang putih, bawang merah dan buket garni yaitu seikat timi, peterseli dan daun salam.

Pembuatan boeuf bourguignon dapat memakan waktu tiga hingga enam jam. Proses lambat ini penting untuk melunakkan daging dan mengurangi anggur menjadi saus yang enak. Semakin lama dimasak, semakin kuat rasanya dan semakin empuk dagingnya.

3. Coq au vin

Coq au vin adalah semur ayam khas Prancis. Ayam direbus dengan anggur, lardon, jamur, dan bawang putih. Anggur merah Burgundy biasanya digunakan, meskipun banyak daerah di Prancis membuat varian menggunakan anggur lokal.

Coq au vin dapat disajikan dengan nasi basmati, sayuran panggang, pasta, atau roti mentega yang renyah. Awalnya, hidangan ini dianggap sebagai makanan petani dan secara tradisional disajikan dengan jamur, lardon, dan bawang mutiara.

4. Cassoulet 

Cassoulet adalah sup kacang tradisional khas Prancis yang dibuat dengan daging babi, bebek confit, dan sosis. Berasal dari wilayah Languedoc di barat daya Prancis, cassoulet dulunya adalah makanan rumah sederhana, kemudian dikembangkan menjadi hidangan yang kaya dan kompleks.

5. Bouillabaisse

Bouillabaisse merupakan makanan khas Prancis yang berasal dari daerah Provence. Hidangan ini awalnya dibuat oleh nelayan Marseille menggunakan ikan batu bertulang yang tidak dapat mereka jual ke restoran atau pasar.

Pembuatan bouillabaisse membutuhkan waktu hingga dua dan sangat mahal karena membutuhkan filet berbagai jenis ikan. Makanan ini disajikan dengan saus kaldu yang kaya akan safron, labu siam, bawang merah dan merica yang direbus dengan tulang ikan.

6. Baguette

Baguette adalah jenis roti panjang dan tipis asal Prancis yang biasanya dibuat dari adonan dasar tanpa lemak. Hidangan ini hanya membutuhkan empat bahan, yaitu tepung terigu, air, ragi dan garam. Rasanya tidak asin atau manis dengan sedikit aroma seperti kacang. Baguette memiliki tekstur lembut di bagian dalam dengan bagian luar yang renyah.

7. Croque monsieur

Croque monsieur adalah sandwich panas yang dibuat dengan ham dan keju. Hidangan ini berasal dari kafe dan bar Prancis yang disajikan sebagai camilan. Makanan khas Prancis ini terbuat dari roti pangang dengan ham, keju Swiss, dan di atasnya diberi saus bechamel, tepung, susu, pala, keju Parmesan, dan Gruyere.

Hidangan ini diciptakan di bistro Paris pada tahun 1910 dan kini menjadi makanan klasik Prancis. Nama croque monsieur berasal dari kata kerja croquer yang berarti "menggigit" atau "menggigit" dan kata monseiur yang berarti "tuan".

8. Quiche au fromage

Makanan khas Prancis quiche au fromage terbuat dari kulit pastri tipis yang bersisik dengan campuran keju yang lezat. Hidangan tradisional ini biasanya menggunakan jenis keju klasik seperti gruyère, camembert, atau roquefort yang dicampur ke dalam puding telur dan susu atau crème fraîche yang lezat.

Isian krim dicampur dengan berbagai rempah segar atau taburan pala yang baru diparut. Quiche au fromage bertekstur luar yang renyah, bagian tengah yang lembut, dan bagian atasnya yang kecokelatan.

9. Meunière

Meunière mengacu pada teknik memasak khas Prancis yang menggunakan seluruh ikan atau filet ikan ditaburi sedikit tepung dan kemudian ditumis dengan mentega. Hidangan ini biasanya dibuat dengan daging ikan putih dan diberi jus lemon dan peterseli. Tetapi, teknik ini mudah disesuaikan dengan mengganti bahan utama atau memasukkan elemen tambahan seperti caper atau almond.

10. Clafoutis

Clafoutis merupakan makanan khas Prancis dari wilaya Limousin. Clafoutis adalah makanan penutup yang terbuat dari buah yang dilapisi dengan adonan dari telur, gula, susu, dan tepung. Hidangan ini secara tradisional diberi hiasan ceri hitam. Clafoutis biasanya disajikan hangat, ditaburi dengan gula bubuk atau sesendok krim di sampingnya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait