7 Manfaat Lobster Bagi Kesehatan Tubuh

Dwi Latifatul Fajri
17 Mei 2022, 15:21
manfaat lobster
Pixabay.com/ksbaeg
Ilustrasi, lobster.

Lobster termasuk jenis udang yang memiliki kulit keras. Hewan yang hidup di laut ini masuk dalam Crustacea atau udang-udangan. Lobster biasanya hidup dalam bebatuan dan karang di laut. 

Lobster tersebar di perairan Indonesia mulai dari Sumatera, Jawa, Bali, hingga Papua. Rasa daging lobster hampir sama dengan udang dan kepiting. 

Lobster memiliki ukuran tubuh lebih besar dari udang. Tubuh lobster ini terdiri dari ruas-ruas dan 5 pasang kaki. Lobster mempunyai cangkang keras untuk melindungi tubuh. Seperti udang, lobster memiliki daging gurih. Lobster dapat diolah menjadi masakan yang lezat dan gurih. 

Makanan laut ini dianggap sebagai pemicu naiknya kolesterol. Padahal daging lobster mengandung protein tinggi dan asam lemak omega-3 baik untuk tubuh. 

Mengutip dari hellosehat.com, 100 gram daging lobster matang mengandung protein 17,9 gram dan lemak 1,8 gram. Sementara itu total jumlah energi sebanyak 89 kkal.  Lobster juga mengandung zat besi sebanyak 0,6 gram. Hewan laut ini mengandung mineral yang baik untuk tubuh. 

Tetapi anda perlu memperhatikan konsumsi harian, karena daging lobster mengandung 98 miligram (mg) kolesterol. Jumlah kolesterol ini dapat meningkat jika lobster dimasak menggunakan minyak atau mentega. 

Manfaat Lobster 

Meski memiliki kandungan kolesterol, lobster baik dikonsumsi oleh tubuh. Zat gizi seperti mineral dan protein dalam lobster bermanfaat untuk tubuh. Berikut manfaat lobster bagi kesehatan: 

1. Kaya Protein 

Dalam 100 gram daging lobster matang mengandung 17,9 gram protein. Mengutip dari healthline.com, Jumlah protein dalam 145 daging lobster adalah 27 gram. Jumlah tersebut lebih besar dari protein udang sebanyak 22 gram dan protein kepiting sebanyak 21 gram. 

Dalam sebuah penelitian, protein tinggi membantu meningkatkan metabolisme. Protein lebih efisien daripada karbohidrat dan lemak. Manfaat konsumsi protein ini dapat meningkatkan kadar hormon untuk rasa kenyang lebih lama. Protein dapat mengendalikan nafsu makan. 

2. Menambah Energi

Lobster memiliki daging yang lembut dan gurih setelah dimasak. Kandungan protein ini bermanfaat untuk memberikan energi. 

Protein dalam daging lobster baik untuk pertumbuhan dan penyimpanan energi. Ketika anda menjalani diet protein, daging lobster dapat meningkatkan energi untuk aktivitas. 

3. Meningkatkan Kesehatan Mental dan Otak 

Lobster mengandung Omega-3 dan vitamin B12. Zat gizi dalam daging berperan penting untuk meningkatkan kesehatan otak dan mental. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...