Memahami Arti Kata Efektif dan Perbedaannya dengan Efisien

Dwi Latifatul Fajri
28 Juni 2022, 15:50
efektif adalah
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi, sejumlah pekerja beraktivitas di kantor.

Kata efektif sering dipakai untuk sebuah tujuan yang dicapai. Contohnya saja kinerja dalam pendidikan dan pekerjaan. Kata efektif dan efisien menjadi dua hal penting untuk mencapai keberhasilan.

Meski keduanya dipakai sebagai penilaian suatu keberhasilan, tetapi kedua kata ini berbeda. Kata efektif dan efisien hampir mirip namun punya makna berbeda. Berikut perbedaan antara kata efektif dan efisien.

Pengertian Efektif

Kata efektif sendiri berasal dari bahasa Inggris yaitu effective, artinya berhasil atau suatu yang dilakukan dengan baik. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), efektif memiliki 4 arti. Pertama efektif adalah ada efeknya seperti akibat, pengaruh, dan kesan. Kedua efektif memiliki arti manjur atau mujarab berkaitan dengan obat.

Ketiga, efektif artinya dapat membawa hasil tentang usaha atau tindakan. Keempat efektif berkaitan dengan undang-undang atau peraturan yang mulai berlaku.

Jadi, kata efektif bisa digunakan untuk berbagai kalimat. Arti kata efektif secara umum adalah usaha untuk mendapatkan suatu tujuan, sesuai hasil dan target. Usaha dan tujuan ini ditetapkan berhasil jika tepat waktu. Sehingga kata efektif menjadi indikator keberhasilan.

Pengertian Efektif Menurut Para Ahli

Dalam jurnal Efisiensi dan Efektivitas dalam Upaya Pelayanan Administrasi Akademik, karya Endang Puji Astuti berikut pengertian efektif menurut para ahli:

1. S. Wojowisoto

Efektif adalah terjadinya suatu efek atau akibat yang dikehendaki dalam suatu perbuatan. Kata efektif ini digunakan sebagai suatu keberhasilan, tepat, dan manjur.

2. Handoko

Efektivitas adalah kemampuan untuk memilih tujuan yang sesuai, atau peralatan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

3. Liang Gie

Efektivitas yaitu terjadinya suatu efek atau akibat yang dikehendaki. Maka perbuatan yang dikatakan efektif menimbulkan akibat untuk mencapai maksud yang dikehendaki.

4. Sedarmayanti

Efektivitas adalah gambaran tingkat keberhasilan atau keunggulan, untuk mencapai sasaran yang sudah ditetapkan. Selain itu adanya keterkaitan antara nilai-nilai yang bervariasi.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...