Memahami Arti Kata Efektif dan Perbedaannya dengan Efisien

Efektif adalah usaha untuk mendapatkan suatu tujuan sesuai hasil dan target. Kata efektif memiliki arti berbeda dengan efisien. Berikut perbedaan dan contoh kedua kata tersebut.
Dwi Latifatul Fajri
28 Juni 2022, 15:50
efektif adalah
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi, sejumlah pekerja beraktivitas di kantor.

Kata efektif sering dipakai untuk sebuah tujuan yang dicapai. Contohnya saja kinerja dalam pendidikan dan pekerjaan. Kata efektif dan efisien menjadi dua hal penting untuk mencapai keberhasilan.

Meski keduanya dipakai sebagai penilaian suatu keberhasilan, tetapi kedua kata ini berbeda. Kata efektif dan efisien hampir mirip namun punya makna berbeda. Berikut perbedaan antara kata efektif dan efisien.

Pengertian Efektif

Kata efektif sendiri berasal dari bahasa Inggris yaitu effective, artinya berhasil atau suatu yang dilakukan dengan baik. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), efektif memiliki 4 arti. Pertama efektif adalah ada efeknya seperti akibat, pengaruh, dan kesan. Kedua efektif memiliki arti manjur atau mujarab berkaitan dengan obat.

Ketiga, efektif artinya dapat membawa hasil tentang usaha atau tindakan. Keempat efektif berkaitan dengan undang-undang atau peraturan yang mulai berlaku.

Advertisement

Jadi, kata efektif bisa digunakan untuk berbagai kalimat. Arti kata efektif secara umum adalah usaha untuk mendapatkan suatu tujuan, sesuai hasil dan target. Usaha dan tujuan ini ditetapkan berhasil jika tepat waktu. Sehingga kata efektif menjadi indikator keberhasilan.

Pengertian Efektif Menurut Para Ahli

Dalam jurnal Efisiensi dan Efektivitas dalam Upaya Pelayanan Administrasi Akademik, karya Endang Puji Astuti berikut pengertian efektif menurut para ahli:

1. S. Wojowisoto

Efektif adalah terjadinya suatu efek atau akibat yang dikehendaki dalam suatu perbuatan. Kata efektif ini digunakan sebagai suatu keberhasilan, tepat, dan manjur.

2. Handoko

Efektivitas adalah kemampuan untuk memilih tujuan yang sesuai, atau peralatan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

3. Liang Gie

Efektivitas yaitu terjadinya suatu efek atau akibat yang dikehendaki. Maka perbuatan yang dikatakan efektif menimbulkan akibat untuk mencapai maksud yang dikehendaki.

4. Sedarmayanti

Efektivitas adalah gambaran tingkat keberhasilan atau keunggulan, untuk mencapai sasaran yang sudah ditetapkan. Selain itu adanya keterkaitan antara nilai-nilai yang bervariasi.

5. Effendy

Efektivitas adalah proses mencapai tujuan yang sudah direncanakan. Proses ini sesuai biaya yang sudah dianggarkan dan waktu yang ditetapkan.

Pengertian Efisien

Kata efisien mengalami perkembangan di bidang ilmu pengetahuan. Dalam mencapai tujuan, usaha, dan gerakan cara efisien digunakan. Contohnya kata efisien diterapkan untuk setiap pegawai yang bekerja.

Menurut KBBI, efisien adalah tepat atau sesuai untuk menghasilkan sesuatu. Kata efisien dilakukan dengan cara tidak membuang waktu, tenaga, dan biaya. Arti kedua efisien yaitu mampu menjalankan tugas dengan tepat dan cermat.

Menurut Stoner, efisiensi adalah kemampuan untuk meminimalisir penggunaan sumber daya dalam mencapai tujuan organisasi. Pengertian lain efisien menurut Drucker yaitu mengerjakan sesuatu dengan benar. Artinya efisiensi menggunakan sumber daya yang sesuai dan tidak ada pemborosan.

Kesimpulannya efisiensi adalah proses kegiatan untuk mencapai hasil besar dan pengorbanan sekecil mungkin, untuk mencapai tujuan. Dari pengertian ini, terdapat perbedaan antara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan.

Perbedaan Efektif dan Efisien

Mengutip dari gramedia.com, secara singkat efektif dan efisien sama-sama mencapai suatu tujuan. Tetapi cara yang dilakukan berbeda. Berikut perbedaannya:

1. Efektif

Waktu pengerjaan efektif lebih cepat karena tersedianya sumber daya, biaya, dan hal lainnya. Biaya yang dikeluarkan bisa lebih banyak. Tetapi efektif lebih fokus pada tujuan dan pemilihan cara yang tepat.

Contoh efektif yaitu Adi membeli tiket konser musik favoritnya seharga Rp 700.000,00. Adi mendapatkan tiket konser lebih cepat dan mudah. Tetapi dia harus membayar biaya lebih mahal dibanding tiket konser biasa seharga Rp 450.000,00.

2. Efisien

Waktu pengerjaan lebih lama karena sumber daya dan lainnya dikurangi. Efisien lebih menghemat biaya dan fokus pada cara pemilihan yang hemat. Contoh efisien yaitu Adi rela antri berjam-jam untuk membeli tiket konser. Dia mendapatkan tiket konser Rp 450.000,00, setelah antri selama 3 jam.

Contoh penggunaan efektif dan efisien terlihat dari biaya dan lamanya waktu. Konsep efektif yaitu Adi mendapatkan tiket konser online lebih cepat tetapi mahal. Sedangkan contoh efisien ketika Adi rela antri lama, demi membeli tiket dengan harga lebih murah.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait