7 Makanan Khas Belanda yang Populer untuk Hidangan Penutup

Dwi Latifatul Fajri
30 Juni 2022, 13:32
makanan khas Belanda
https://www.tasteatlas.com/
Ilustrasi, poffertjes, Kue khas Belanda.

Belanda termasuk negara Eropa yang dikenal dengan bunga tulip dan kincir angin. Negara Belanda disebut juga Negeri Kincir Angin karena banyaknya kincir angin. Selain itu bunga tulip beraneka warna menjadi daya tarik wisatawan.

Tak hanya tempat wisata, Belanda memiliki aneka kue dan makanan pencuci mulut yang lezat. Makanan khas Belanda ini juga ditemukan di Indonesia. Selama penjajahan, orang-orang Belanda membawa budaya kuliner ke Indonesia. Hal ini membuat akulturasi kuliner di Indonesia. Berikut daftar makanan khas Belanda sebagai hidangan penutup.

Advertisement

Makanan Khas Belanda

1. Appelflap

Appelflap
Appelflap (https://www.tasteatlas.com/)

Kue tradisional manis khas Belanda dikenal Appelflap. Adonan kue menggunakan bahan utama apel, kismis, gula, dan kayu manis. Appelflap biasanya disajikan setelah makan. Hidangan penutup ini banyak dijual di toko roti.

Bagian atas Appelflap ditaburi gula untuk menambah citarasa manis. Kue ini disajikan untuk sarapan setelah hidangan utama tiba. Appelflap biasanya dimakan bersama kopi atau teh hangat. Appelflap renyah dan krispi ketika dimakan.

2. Vlaai

Vlaai adalah kue pie manis dari provinsi Limburg, Belanda. Bahan kue terbuat dari isian krim custard dan pie ragi. Mengutip dari tasteatlas.com, kue Vlaai awalnya dikonsumsi oleh suku Jermanik. Suku ini menuangkan adonan kue dengan jus buah dan madu. Dahulu Vlaai digunakan sebagai roti pengorbanan khusus oleh biara.

Kemudian kue Vlaai berkembang untuk pesta ulang tahun, perayaan, dan pernikahan. Bagian atas kue pai ini bisa diisi coklat, puding, buah-buahan seperti stroberi, apel, pisang, dan ceri.

3. Space Cake

Space Cake
Space Cake (https://www.tasteatlas.com)

Kue luar angkasa atau Space Cake dikenal lezat. Tetapi kue ini mengandung ganja sebagai bahannya. Space cake mengandung ganja sehingga disebut kue luar angkasa. Bahan kue ini yaitu tepung gula, baking powder, mentega, susu, telur, dan potongan daun ganja. Space cake dijual dalam potongan dan kemasan plastik.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement